Ada yang istimewa dan spesial dalam pengenalan produk terbaru Samsung. Istimewa, karena tidak semua Kompasianer (panggilan untuk anggota Kompasiana) bisa hadir dalam acara ini. Dibatasi hanya untuk 25 orang Kompasianer terpilih dan beruntung saja yang bisa mengikuti acara ini, termasuk saya pribadi. Sebelumnya, terlebih dahulu harus melakukan pendaftaran melalui email ke panitia penyelenggara. Tidak hanya itu, membaca informasi dan pengumuman lomba tersebut, pihak Samsung dan Kompasiana akan memilih peserta yang memiliki postingan artikel seputar gadget untuk bisa dinyatakan masuk 25 peserta.
Tidak seperti pada acara nangkring Kompasiana sebelumnya, biasanya konfirmasi kehadiran cukup melalui email, tidak cukup melalui email, kali ini ke-25 peserta langsung dihubungi panitia melalui telpon termasuk penulis oleh Mbak Ela. Menurut saya, ini istimewa bisa terpilih dan beruntung mengikuti acara nangkring unboxing Samsung Galaxy S6 dan Galaxy S6 edge. Bisa jadi, masih ada Kompasianer lain yang ingin mengikuti acara ini tetapi apa daya kuota atau kapasitas 25 sudah terisi. Baiklah, mengobati rasa penasaran Kompasianer lain, berikut reportasenya.
Spesial, tidak ada kata-kata lain untuk menggambarkan selain kata tersebut. Selama ini, Indonesia selalu mendapat urutan terbelakang akan pengenalan atau launching produk-produk gadget terbaru. Menurut sumber data terpercaya, Samsung Galaxy S6 dan Galaxy S6 edge pertama kali resmi dilaunching ke publik pada ajang perhelatan akbar teknologi terbesar di dunia Mobile World Congress (MWC) dan Samsung Unpacked pada 1 Maret 2015 di Barcelona, Spanyol.
Menyusul setelahnya, untuk pasar wilayah Asia Tenggara Southeast Asia World Tour Samsung Galaxy S 6 di Singapura pada 26-27 Maret 2015. Dalam acara tersebut, ada dua Kompasianer yang beruntung mengikutinya secara langsung di Singapura, berkat memenangkan nulis lomba blog yang diselenggarakan oleh Samsung dan Kompasiana. Dua orang tersebut adalah Riana Dewie dari Jogja dan Eddy Roesdiono dari Surabaya.
Baru kali pertama, Samsung memperkenalkan smartphone terbarunya secara live streaming menggunakan media Google Hangout secara Teleconference pertama di Indonesia. Semua berkat kerjasama dengan Kompasiana. Penulis bisa berpendapat seperti ini, setidaknya sejak artikel ini ditulis, belum ada data terpercaya yang mengabarkan bahwa Samsung Indonesia sudah melaunching Galaxy S6 & Galaxy S6 edge di tempat strategis seperti hotel bersama para awak media. Kalaupun ada, tetap konsep pengenalan dengan model Teleconference yang pertama di Indonesia untuk smartphone Samsung.
Data yang ada justru langsung ke pemesanan atau pre-order mulai 13-26 April 2015 adalah waktu pre-order Samsung Galaxy S6 edge. Sudah bisa dilakukan dengan cara mengunjungi alamat situs www.galaxylaunchpack.com Tapi sayangnya, sekarang pre-order sudah ditutup dan baru tersedia secara global di pasar Indonesia dan Samsung Store terdekat sekitar 2 Mei 2015. Jadi bisa disimpulkan, meskipun Indonesia bukan negara pertama launching Galaxy S6 dan Galaxy S6 edge, akan tetapi konsep launching menggunakan Teleconference adalah yang pertama dilakukan di Indonesia.