Mohon tunggu...
KOMENTAR
Money

Garuda Indonesia Sudah Bagus, Bagaimana dengan Bandara-nya?

30 Juni 2013   23:31 Diperbarui: 24 Juni 2015   11:11 3653 2

Terus membaiknya kualitas layanan Garuda Indonesia terhadap konsumennya dengan berbagai program layanan Garuda Indonesia Experience dan Quantum Leap 2011-2015, berdampak pada semakin dipercayanya Garuda Indonesia oleh pengguna transportasi udara, baik dari dalam negeri sendiri, maupun dari luar negeri. Eropa pun mulai dirambah, diawali dengan Amsterdam, Belanda, yang akan segera diikuti dengan London, Inggris, pada 1 November 2013 ini dengan menggunakan pesawat terbarunya, Boeing 777-300ER. Tahun ini Garuda Indonesia akan memiliki 24 pesawat terbarunya yang akan dioperasikan di berbagai rute baru dalam dan luar negeri.

Rute internasional baru Garuda Indonesia lainnya di tahun 2013 ini adalah Medan-Penang (Malaysia) p.p (mulai 1 Juni 2013), Jakarta-Perth p.p. (mulai 28 Juni 2013), Jakarta-Brisbane p.p., Denpasar-Brisbane p.p. (mulai 1 Agustus 2013)

Nama Garuda Indonesia pun mulai disegani di dunia penerbangan internasional. Indikasinya antara lain, setelah 30 tahun kanter check-in-nya di Terminal 1 Bandara Changi, Singapura, yang “ketinggalan zaman,” sejak 22 November 2011 kanter check-in Garuda Indonesia telah pindah ke Terminal 3  di salah satu bandara terbaik di dunia tersebut. Selain memiliki fasilitas yang paling moderen dan paling lengkap (berkelas “state of the art”), terminal ini juga sangat mewah dengan berbagai toko dan butik moderen yang serba mewah. Lantainya beralas karpet beludru mewah tebal, dengan interiornya yang bahkan lebih mewah daripada mall moderen yang ada saat ini. Tidak sembarang maskapai penerbangan bisa punya kanter check-in di terminal ini.

Para penumpang Executive Class Garuda Indonesia dapat menikmati layanan VIP di JetQuay CIP Terminal Singapura. Melalui Terminal 3 ini, para penumpang executive class akan mendapat layanan personal, dari check-in, imigrasi, hingga pengurusan bagasi (Kompas.com).

Dengan semakin tingginya pengguna Garuda Indonesia, maka, PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk. menutup tahun 2012 dengan Laba Komprehensif (Comprehensive Income) meningkat sebesar 100 persen, dari 72,7 juta dollar AS pada 2011, menjadi 145,4 juta dollar AS pada 2012. (garuda-indonesia.com)

Prestasi Garuda Indonesia pun terus berlanjut di tahun 2013 ini, dengan berhasil meraih The World Best Airline Economy Class 2013, dari Skytrax, sebuah lembaga audit independen di bidang penerbangan dunia berkedudukan di London, mengalahkan Singapore Airlines yang tahun lalu berada di posisi tersebut, tahun ini turun di posisi nomor empat.

Dari Skytrax Garuda Indonesia, di 2013 ini juga memperoleh penghargaan berupa sertifikat penerbangan bintang empat (“4-Star Airline Skytrax). Target Garuda Indonesia di 2014 adalah “5-Star Airline Skytrax,” yang berpotensi besar mendudukan posisinya sejajar dengan maskapai raksasa dunia lainnya, semacam Singapore Airlines.

Aerofood ICS

Semua pencapaian tersebut tentu saja selain didukung oleh berbagai program dan manajemen Garuda Indonesia yang bagus, dia juga didukung oleh berbagai faktor di luar aspek manajemen penerbangannya. Salah satunya adalah perihal makanan dan minuman penumpang yang berkualitas tinggi. Untuk keperluan tersebut Garuda Indonesia didukung oleh Aerofood ACS, salah satu dari anak usaha Grup Garuda Indonesia, Aerowisata.

Dukungan dari Aerofood ICS ini merupakan bagian dari “28 Customer Touch” dan “5 Konsep Dasar Garuda Indonesia Experience” yang sudah saya ulas di artikel saya yang berjudul Garuda Indonesia: Menikmati Kenyamanan Terbang di Atas yang Lain.

Selain melayani penyediaan makanan dan minuman untuk Garuda Indonesia, dengan menggunakan standar manajemen ISO 9001 dan ISO 22000, Aerofood ACS juga dipercaya oleh 23 perusahaan maskapai penerbangan lainnya. Lima belas di antaranya adalah maskapai penerbangan asing, termasuk dari maskapai-maskapai penerbangan raksasa dunia yang selalu menetapkan standar tinggi untuk kualitas makan dan minuman untuk penumpangnya, seperti Emirates Airlines, Qatar Ailines dan Singapore Airlines, yang berturut-turut adalah peringkat pertama (the best), kedua, dan ketiga penerima The World’s Best Airline 2013 Awards dari Skytrax.

Selain itu Aerofood ACS juga memperoleh standar halal dari MUI, sehingga bagi kaum Muslim tidak lagi punya keraguan untuk menyantap makanan dan minuman yang diproduksi oleh ACS Food.

Selain melayani industri penerbangan, Aerofood ACS Jakarta juga melayani beberapa rumah sakit besar dan perusahaan asing besar di Jakarta, antara lain Rumah Sakit Pondok Indah, Siloam Hospital, RS ASRI, Kemang Medical Care, Mayapada Hospital, Nestle, Mitsubishi Chemical Indonesia, Trakindo, dan lain-lain.

Dari rekanan-rekanan bisnisnya yang terdiri dari perusahaan-perusahaan raksasa dunia itu tak diragukan lagi kualitas produk dan layanan ACS Food yang juga bergerak di bidang laundry untuk keperluan di atas pesawat itu.

Pada 22 April 2013, Aerofood ACS menerima penghargaan dari Frost and Sulivan, lembaga konsultan internasional dengan kategori 2013 Best Indonesian Airlines Support Provider of the Year.

Sedangkan Singapore Airlines juga memberi penghargaan kepada Aerofood Jakarta untuk Excellent Service Performance for Last Minute Order Short Noticed on SQ Flights.

Berikut ini adalah video mengenai kegiatan di Aerofood ICS yang saya ambil dari YouTube.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun