Mohon tunggu...
KOMENTAR
Pendidikan

Sebuah Kisah Gambaran Diri Tiga Tahun Mendatang - Demonstrasi kontekstual Modul 1.2

14 September 2023   20:40 Diperbarui: 14 September 2023   20:42 73 0
Jika saya telah menjalani peran sebagai Guru Penggerak selama 3 tahun. Pada saat itu, tentunya saya sudah memiliki kepercayaan diri dan telah membawakan kegiatan-kegiatan yang mewujudkan nilai dan peran sebagai Guru Penggerak. Saya akan membuat program kegiatan yang menggambarkan nilai-nilai guru penggerak. Berikut pemaparan terkait nilai-nilai Guru Penggerak. (berpihak pada murid, mandiri, reflektif, kolaboratif, inovatif)

  • Berpihak Pada Murid
  • Tiga tahun mendatang, yang akan saya lakukan untuk menjalani peran saya sebagai guru penggerak dalam kegiatan pembelajaran yang berpihak pada murid adalah menerapkan filosofi Pendidikan seperti yang dipaparkan oleh KHD, yaitu:
  • Sitem Among : mendidik dengan pola momong, ngemong, asah, asih, asuh, cinta kasih, dan kekeluargaan
  • Kodrat alam dan Kodrat Zaman: mendidik dengan memperhatikan minat dan bakat murid, serta selaras dengan perubahan zaman.
  • Trikon: Kontinuitas, Konvergensi, dan Konsentris.
  • Berhamba pada anak: menjadikan anak sebagai subjek pembelajaran.
  • Budi Pekerti: watak dan karakter merupakan hasil dari bersatunya gerak, pikiran, perasaan, dan kehendak atau kemauan.
  • Bermain adalah kodrat anak: mendidik dengan metode kesenian, permainan yang menyenangkan.
  • Trilogi kepemimpinan: Ing ngarso sung tulodo, Ing madyo mangun karso, Tutwuri handayani.
  • Mandiri
  • Sebagai guru penggerak nilai mandiri perlu saya terapkan. Dengan kemandirian saya dapat memberikan contoh positif bagi sekitar. Saya akan rutin memperbaharui ilmu pengetahuan sesuai dengan perkembangan zaman. Saya juga akan selalu mendukung segala program pemerintah yang berpihak pada kemajuan Pendidikan dengan semangat.
  • Reflektif
  • Reflektif berarti seorang guru penggerak senantiasa mampu merefleksikan diri dan memaknai pengalaman yang terjadi di sekeliling baik pada diri sendiri serta orang lain. Untuk menerapkan hal tersebut saya akan melakukan refleksi diri dalam kegiatan pembelajaran. Melakukan pengukuran penerapan model, metode, strategi, dan teknik pembelajaran terhadap tingkat keberhasilan yang telah dilakukan. Memahami kelemahan atau kekurangan dari sebuah pembelajaran supaya lebih baik untuk guru dan juga murid. Memahami akurasi sebuah model, metode, strategi, dan teknik pembelajaran yang telah diimplementasikan supaya bisa terus dievaluasi. Membuat kegiatan belajar mengajar yang lebih efektif dalam pembelajaran di kemudian hari.
  • Kolaboratif
  • kolaboratif adalah adanya pola dan bentuk hubungan yang dilakukan antarindividu ataupun organisasi yang berkeinginan untuk saling berbagi, saling berpartisipasi secara penuh, dan saling menyetujui atau bersepakat untuk melakukan tindakan bersama dengan cara berbagi informasi, berbagi sumber daya, berbagi manfaat, dan berbagi tanggung jawab dalam pengambilan keputusan bersama untuk menggapai sebuah cita-cita.
  • Dalam mewujudkan hal tersebut, sebagai guru penggerak saya akan melakukan kerjasama dengan tim guru Bahasa Indonesia tempat saya tugas untuk membahas terkait, metode, model, dan bahan ajar yang tepat untuk menuntaskan capaian pembelajaran.
  • Selain itu, saya juga akan membangun komunikasi yang baik dengan orang tua murid untuk membahas tentang perkembangan peserta didik.
  • Inovatif
  • Sebagai seorang guru penggerak yang telah mendapatkan banyak pengalaman, saya perlu melakukan penerapan gagasan baru untuk meningkatkan kinerja peran saya di tempat saya bertugas. Untuk itu, saya akan menciptakan susasana belajar yang menyenangkan bagi peserta didik. Selain itu, saya juga akan menciptakan pembelajaran sesuai dengan filosofi KHD.
KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun