Memasuki masa new normal, banyak dari perusahaan melakukan berbagai macam inovasi. Hal ini bertujuan untuk mempertahankan keberadaan perusahaan. Diantara bentuk inovasi, strategi branding melalui media digital adalah salah satunya. Menurut Alina Wheeler, branding merupakan salah satu proses disiplin yang membangun kesadaran konsumen dan memperpanjang kesetiaan konsumen. Branding adalah memperbesar peluang untuk konsumen harus menggunakan satu merek tertentu daripada merek yang lain.
      Hal ini memicu berbagai inovasi dan kreasi bahkan tantangan untuk beberapa perusahaan. Salah satunya yaitu PT Paragon Technology and Innovation. PT Paragon Technology and Innovation memiliki visi menjadi perusahaan yang berkomitmen untuk memiliki pengelolaan terbaik dan berkembang terus menerus dengan bersama-sama menjadikan hari ini lebih baik dari hari kemarin melalui produk berkualitas yang memberikan manfaat bagi Paragonian, mitra, masyarakat, dan lingkungan. Divisi Direct Selling Business berada dalam arahan direktorat GCIO yang berada dalam perusahaan PARAVERSA yang merupakan anak perusahaan dari PT Paragon Technology and Innovation yang memiliki tanggung jawab dalam upaya-upaya untuk memperkenalkan unit bisnis dan produk kepada masyarakat, menciptakan market dan berusaha untuk menjadi market leader dibidang direct selling, serta memberikan profit bagi perusahaan. Oleh karenanya branding produk membutuhkan adaptasi yang secara relatif tidak sebentar untuk bisa beroperasi sesuai prospek.Â
      Menurut Alina Wheeler, branding merupakan salah satu proses disiplin yang membangun kesadaran konsumen dan memperpanjang kesetiaan terhadap konsumen. Branding merupakan kegiatan memperbesar peluang untuk konsumen agar menggunakan satu merk tertentu daripada merek yanglain. Sekarang apa yang dimaksud dari rebranding itu sendiri? Rebranding sendiri berasal dari kata Re yang berarti "kembali" dan Branding yang bermakna "penciptaan brand image" menuju kondisi lebih baik. Rebranding merupakan upaya yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengubah total atau memperbaharui sebuah brand yang telah ada agar menjadi lebih baik dengan tidak mengabaikan tujuan awalnya.
      Program Magang Bersertifikat merupakan program yang diadakan oleh Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. PT Paragon Technology and Innovation merupakan salah satu mitra yang bekerja sama agar melatih talenta-talenta sehingga siap untuk terjun ke dunia kerja dengan skill yang relevan dimiliki. Menurut (Suyanto, 2004), desain grafis didefinisikan sebagai aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri. Aplikasi ini dapat berbentuk iklan atau penjualan produk, menciptakan identitas visual, produk, maupun perusahaan. Dalam pengembangan unit bisnis PT. Paragon Technology and Innovation melalui direktorat GCIO (Group Corporate Innovation Office) berusaha untuk menerapkan strategi-strategi yang cocok untuk dilaksanakan pada proses pengembangan unit bisnis baru. Dalam kasus ini penulis diberikan penugasan untuk mampu memvisualisasikan dan mendesain kembali kebutuhan untuk platform sosial media maupun website dari Paragon Business Partner.
Paragon Business Partner atau yang dapat disingkat PBP, merupakan program reseller yang dapat membantu para calon entrepreneur meningkatkan pendapatan dan menjadi entrepreneur sukses dengan menjual produk-produk dari PT Paragon Technology and Innovation. Dengan PBP, diharapkan dapat membantu PT Paragon Technology and Innovation untuk mengembangkan bisnis-bisnis baru kedepannya.
Logo yang telah dilakukan rebranding memiliki 3 unsur pilar yaitu, Correct, Strength, dan Forward. Correct yaitu memberikan wadah kepada para calon reseller dari PBP dengan benar dan baik agar memperolah standar yang baik, Strength untuk mencapai bisnis yang sustainable atau dapat bertahan lama, dan Forward yaitu progres maju yang menjadi bagian dari kesuksesan.
Kemudian logo hendaknya dapat diimplementasikan diberbagai latar belakang apapun. Logo tersebut juga dapat menjadi elemen grafis untuk membantu memperindah karya desain yang dibuat. Untuk itu logo juga harus mampu bersifat dinamis. Berikut bentuk dari kedinamisan logo yang telah dilakukan rebranding.
Untuk warna yang digunakan sebagai identitas dari PBP tidak berbeda dengan sebelumnya karena hal tersebut sudah melekat dengan identitas dari Paragon Business Partner. Tipografi merupakan teknik memilih teks dalam proses desain grafis. Secara umum pengertian tipografi secara umum adalah teknik dalam melakukan penyusunan huruf dan teks di dalam suatu pembuatan visual supaya dapat terbaca dan menarik untuk dilihat. Ini berkaitan erat dengan pemilihan jenis huruf atau yang dikenal dengan sebutan font. Untuk jenis typeface atau font yang digunakan adalah "Avenir". Menurut Samantha Warren (2008) pada situs viget.com, Avenir disebut "the greatest font ever". Pada sebuah essai berjudul "Avenir: A Time for Font with Human Touch", disebutkan bhwa font ini memiliki jenis huruf yang elegan dan modern dengan berbagai pengaplikasiannya. Adapun variasi dari Avenir memungkinkan untuk dapat diaplikasikan dalam berbagai jenis media, seperti digital, billboard, buku, blog, dan grafis.
Berikut contoh visualisasi desain untuk keperluan sosial media, feeds instagram, instagram story, website banner, dsb.