Mohon tunggu...
KOMENTAR
Filsafat

Filsafat Pendidikan Esensialisme dan Tokoh-tokoh Filsuf Esensialisme

30 Mei 2020   15:08 Diperbarui: 30 Mei 2020   15:04 465 0
A. Pengertian Esensialisme

Esensialisme merupakan aliran yang ingin manusia kembali kepada kebudayaan-kebudayaan lama. Aliran ini muncul pada zaman prenasens, karena reaksi terhadap simbolisme mutlak dan dokmatrin yang terjadi pada abad pertengahan.

Esensialisme pendidikan didasarkan kepada nilai-nilai kebudayaan yang telah ada sejak awal peradaban manusia.

Esensialisme memandang bahwa pendidikan harus berpijak pada nilai-nilai yang memiliki kejelasan dan tahan lama dan dapat memberikan kestabilan dan juga nilai-nilai terpilih yang memiliki tata letak yang jelas.

Idealisme dan realisme adalah aliran yang membentuk corak esensialisme, karena keduanya adalah pendukung aliran esensialisme, akan tetapi tidak melebur menjadi satu dan tidak lepas dari sifatnya yg utama pada aliran masing-masing.

Hakikat esensialisme didasari atas pandangan humanisme yang merupakan reaksi terhadap hidup yang mengarah pada keduniawian serba ilmiah dan materialistik. Selain itu juga didasari oleh pandangan-pandangan dari penganut aliran idealisme dan realisme

Tujuan umum esensialisme adalah memebetuk seseorang yang berguna dan berkompeten . Isi pendidikan ilmu pengetahuan, kesenian dan segala hal yang mampu menggerakkan manusia untuk bertindak sesuai dengan kehendaknya.

~ Kelebihan

Peran guru sangat dominan sebagai contoh yang baik untuk ditiru.

~ Kelemahan

Inisiatif pendidikan ditegaskan kepada guru bukan siswa

B. Tokoh-Tokoh Filusuf Esensialisme

Gerakan esensialisme muncul pada awal tahun 1930 dengan beberapa orang pelopornya seperti William C. Bagley, Thomas Briggs, Frederick Breed dan Isac L. Kandell. Pada tahun 1938 mereka membentuk suatu lembaga yang disebut dengan "the essensialist committee for the advancement of American Education".

1. Wiliam C Bagley

Bagley sebagai pelopor esensialisme yakin bahwa Fungsi utama sekolah adalah menyampaikan warisan budaya dan sejarah kepada generasi muda.

Esensialisme menurut adalah minat yang kuat dan tahan lama tumbuh dari upaya-upaya belajar yang memikat atau menarik perhatian bukan karena dari dorongan dari dalam jiwa.

2. Thomas Briggs

 menurut Briggs esensialisme adalah sekolah gagal menyampaikan dalam menyampaikan nilai warisan budaya.

3. Frederick Breed

Menurut pemikiran Frederick esensialisme adalah budaya memiliki pengetahuan umum.

4. Isac LY Kandell

menurut pemikiran Kandell esensialisme adalah materi belajar bukan bukti untuk menyelesaikan masalah sosial.

Pada dasarnya Barley dan tokoh-tokoh lainnya memliki persamaan pemikiran mengenai pendidikan praktek progresif. Menurut mereka progresuf sudah merusak standard intelektual dan moral kaum muda. Jadi, pada aliran ini sangat menekankan pada apa yang mendukung pengetahuan dan keterampilan.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun