Mohon tunggu...
KOMENTAR
Otomotif

Pertemuan Singkat dengan Team si Jalak Harupat KMLI

29 Oktober 2013   16:50 Diperbarui: 24 Juni 2015   05:52 260 2

Tahun ini adalah tahun ke-5 diadakannya Kompetisi Mobil Listrik Indonesia. Selama 5 tahun berturut-turut kompetisi ini diadakan di Politeknik Negeri Bandung. Tahun ini Kompetisi Mobil Listrik diikuti oleh 13 team dari berbagai universitas di Indonesia. Polban sebagai tuan rumah telah mempersiapkan kepanitiaan dari jauh jauh hari untuk menyelenggarakan acara ini, bahkan UKM Wirus pun ikut berpartisipasi dalam meramaikan acara tersebut. Saya, sebagai bagian dari anggota UKM Wirustentu saja ikut berdagang pada hari Sabtu dan Minggu selama kegiatan KMLI berlangsung.

Tahun ini adalah tahun ke-2 Unpas mengikuti Kompetisi Mobil Listrik Indonesia. Menurut Encup tahun kemarin Unpas pertama kalinya mengikuti KMLI namun Unpas cukup disegani oleh peserta lainnya. Selain itu, mobil buatan mereka pun hasilnya cukup memuaskan. Tahun kemarin  mereka memenangkan 2 kategori dan memenangkan pertandingan pada kompetisi race walaupun ada sedikit accident yang dialami oleh driver dari Unpas yaitu mobil yang dikendarainya masuk ke dalam selokan. Rendi mengatakan “Sebenernya tahun kemarin saingannya imbang dan saingan terberat yaitu Polban sebagai tuan rumah karena polban telah menguasai medan yang akan dilalui, selain itu yang menjadi hambatan tahun kemarin dynamo mobil kami terbakar”

Tahun ini mereka tertarik lagi untuk mengikuti KMLI karena mereka termotivasi untuk menjadi juara umum dan apabila mereka berhasil, team Si Jalak Harupat Unpas ingin mempertandingkan mobil kebanggaannya pada kompetisi mobil listrik di Malaysia. Team mobil listrik Unpas mengakui persiapan yang dirasakan oleh team Unpas kurang matang yaitu hanya sekitar 2 bulan namun mereka tetap percaya diri untuk mengikuti kompetisi ini dan tetap melakukan yang terbaik, dan saingan terberat menurut mereka tahun ini yaitu Bangka Belitung karena mereka mempunyai rangka yang ringan dan kestabilan yang cukup serta power yang kuat. Mereka mengutarakan bahwa dana yang digunakan untuk membuat mobil KMLI bisa dikatakan hampir tidak ada, jadi mereka memanfaatkan komponen-komponen yang ada pada mobil tahun kemarin dan di modifikasi menjadi lebih baik lagi. Sebenarnya, apabila dana untuk membuat mobil listrik baru dikalkulasikan, bisa mencapai 50-60 juta karena komponen yang paling mahal bagian electrical yaitu dinamo motor yang dibutuhkan sebanyak 2 buah dalam satu rangkaian mobil

Saya pun mulai bertanya kepada Encup Yusuf, bagaimana perasaannya pada saat hari pertama mengikuti kegiatan dan mengapa ia mau menjadi seorang driver lalu Encup menjawab bahwa pada hari pertama kompetisi, mereka mengikuti kegiatan dengan penuh semangat dan optimis walaupun persiapan yang dilakukan kurang matang tapi mereka sudah berusaha semaksimal mungkin, selain itu menurut Encup untuk menjadi seorang driver dibutuhkan nyali dan skill tersindiri agar driver dan mobil yang dikendarai bisa mempunyai feel atau ikatan agar dapat bersatu mengalahkan mobil lain pada area kompetisi, konsentrasi dan ketenangan pikiran juga menjadi kunci dalam mengendarai Si Jalak Harupat. Encup juga melakukan cek kesehatan dan menambahkan asupan vitamin ketika ia akan menjadi driver.

Yang menjadi team dalam mobil listrik Unpas itu, menurut pernyataan Rendi dan Encup hanya dari mahasiswa jurusan teknik mesin saja, berbeda dengan Polban yang terdiri gabungan beberapa jurusan. Harapan mereka tahun depan mobil listrik bisa dijadikan UKM khusus seperti di Polban sehingga anggotanaya tidak hanya dari jurusan mesin saja. Team mobil listrik Unpas pada tahun ini terdiri dari 25 orang, dan 5 diantaranya adalah wanita.

.Encup Yusuf berpendapat jalur lintasan untuk mobil listrik yang disediakan oleh Polban kurang menantang karena selama 5 tahun selalu diadakan di Polban  namun Encup mengapresiasi antusias penonton KMLI tahun ini yang lebih tertib dari tahun kemarin. Jumlah penonton pada kompetisi tahun kemarin memang lebih banyak karena diikuti oleh 15 universitas sedangkan pada tahun ini  hanya diikuti oleh 13 universitas. Lalu saya menanyakan kepada Encup dan Rendi apa saja komponen yang ada dalam mobil listrik itu dan bagaimana cara penggunaannya, Rendi pun menjelaskan spesifikasi mobil Si Jalak Harupat buatan mereka  yaitu terdiri dari suspense, stiring, rem, roda , dan electrical sedangkan cara penggunaannya di gas seperti mobil biasa namun karena Si Jalak Harupat adalah mobil listrik, dibutuhkan waktu charge sekitar 3 jam sebelum mobil tersebut digunakan.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun