Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ruang Kelas

Komunikasi Terapeutik sebagai Kunci Kesuksesan dalam Bimbingan dan Konseling di Lingkungan Sekolah

2 Agustus 2024   08:58 Diperbarui: 2 Agustus 2024   09:11 42 0
Pandangan tentang keberadaan guru BK yang masih acap kali salah harus diluruskan. Bagi guru BK MAN Puruk Cahu, Faisal Rahman, guru BK miliki beberapa fungsi yang harus dijelaskan oleh semua guru kepada seluruh siswa madrasah itu.

Sebenarnya Bimbingan Konseling (BK) di sekolah memiliki beberapa fungsi yang harus diketahui oleh guru lain maupun peserta didik," ujar Faisal saat berbincang dengan salah satu wali kelas, Sabtu (24/9).

Fungsi itu diantaranya pencegahan pelanggaran aturan sekolah, pemahaman tentang karakter diri siswa, pengentasan siswa dari masalah, advokasi dan bberapa fungsi lainnya. Bimbingan dan konseling itu sendiri merupakan salah satu sarana pengembangan diri yang wajib disediakan oleh sekolah ataupun madrasah.

"Bimbingan konseling merupakan salah satu alternatif pengentasan masalah peserta didik, selain dari sisi pemberian sanksi bagi siswa yang melanggar aturan," ujar Faisal. Diakuinya ada kecenderungan siswa akan tidak jujur pada saat guru BK melakukan pendekatan bimbingan konseling karena rasa takut yang dirasakan siswa tadi. Oleh karenanya, seluruh guru di MAN Puruk Cahu diharapkan bisa memberikan pemahaman bahwa guru BK adalah orang tua sekaligus rekan bagi siswa yang ingin mengatasi sebuah permasalahan
kalteng.kemenag.go.id/

Untuk itu agar terciptanya kesuksesan Bimbingan dan Konseling di lingkungan sekolah dibutuhkan syarat-syarat dan juga pembentukan Komunikasi Terapeutik, lantas apa saja hal-hal tersebut?

SYARAT-SYARAT KOMUNIKASI TERAPEUTIK

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun