Dalam era globalisasi dan teknologi yang semakin canggih, komunikasi telah menjadi salah satu komponen yang paling penting dalam suksesnya organisasi. Pemimpin organisasi harus memiliki kemampuan komunikasi yang efektif untuk mempengaruhi, motivasi, dan mengarahkan timnya menuju tujuan yang telah ditetapkan. Komunikasi efektif adalah proses penyaluran ide, pemikiran, atau informasi dari pengirim pesan (komunikator) kepada penerima pesan (komunikan). Yang menghasilkan hubungan atau timbal balik yang positif bagi kedua belah pihak. Komunikasi efektif terjadi ketika pengirim pesan dan penerima pesan memiliki makna dan persepsi yang sama, dan proses komunikasinya dapat menghasilkan perubahan sikap dan mempengaruhi komunikan. Komunikasi efektif menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam menjalin hubungan dengan orang atau kelompok lain. Komunikasi menjadi salah satu cara, ketika berusaha untuk memberikan respons kepada lawan bicara, tidak hanya sekedar respons, melainkan komunikasi juga dibutuhkan dalam berinteraksi. Berkomunikasi tidak hanya sekedar kedua pihak saling berbicara, namun juga mampu mendengarkan dan memahami pesan yang disampaikan lawan bicara.
KEMBALI KE ARTIKEL