Â
Chenanjah Refa Pujani (602021034)
Program Studi Public Relation, Universitas Kristen Satya Wacana
Â
Abstrak
Kehadiran internet telah mendorong para developer untuk menghasilkan inovasi yang baru di mana mereka menciptakan beragam aplikasi untuk memenuhi kebutuhan sosial manusia. Seperti yang kita tahu, salah satu sifat dari media baru seperti media sosial ini adalah interaktivitas di mana mereka para pengguna dapat saling berkomentar, menyampaikan kesukaan mereka, kegiatan mereka, promosi, dan lain sebagainya. Layaknya seperti media sosial membuat mereka sebagai pengguna dapat saling terhubung antara satu dengan yang lain. Dengan interaktivitas yang terjadi membuat orang menjadi bebas menyampaikan ide atau gagasan yang dimilikinya. Namun dalam hal ini kita perlu menyadari dan memperhatikan bahwa etika komunikasi dalam bermedia sosial sangatlah penting. Kita perlu menggunakan etika supaya meminimalisasi konflik yang dapat terjadi.
Â
Pendahuluan
Komunikasi merupakan alat yang digunakan untuk menyampaikan informasi atau pesan kepada individu maupun khalayak. Menurut Carl I.Hovland, ilmu komunikasi adalah upaya yang sistematis untuk merumuskan secara tegas asas-asas penyampaian informasi serta pembentukan pendapat dan sikap. Menurut Edward Depari menjelaskan komunikasi adalah proses penyampaian gagasan, harapan, dan pesan yang disampaikan melalui lambang tertentu, mengandung arti, dilakukan oleh penyampai pesan ditujukan pada penerima pesan. Namun jika komunikasi tidak disampaikan dengan baik dan dengan etika yang tidak baik pula, maka dapat menyebabkan suatu konflik.Â