Judul penelitian:
Pengaruh Perkembangan Teknologi Terhadap Cara Belajar Siswa Di SMA Assisi Samarinda.
Latar Belakang Masalah:
Dengan adanya perkembangan zaman tentunya teknologi juga semakin berkembang, namun masih banyak orang yang belum menguasai teknologi terlebih banyak orang yang belum menguasai teknologi terlebih banyak orang yang acuh tak acuh terhadap teknologi.
Rumusan Masalah:
Bagaimana cara menyikapi orang - orang yang acuh tak acuh terhadap perkembangan teknologi di zaman sekarang? banyak orang yang tidak mau mengikuti perkembangan teknologi karena malas belajar dan bagi sebagian orang itu tidak penting.
Pertanyaan Penelitian:
1. Bagaimana cara menyadarkan masyarakat akan pentingnya teknologi di zaman sekarang?
2. Hal positif apa saja yang di dapat dengan belajar menggunakan bantuan teknologi?
Tujuan dan Manfaat:
Tujuan: Agar masyarakat tidak menggangap remeh tentang dunia teknologi yang semakin berkembang.
Manfaat: Agar masyarakat terutama para pelajar yang menjadi penerus bangsa dapat menggunakan teknologi dengan baik dan tidak ketinggalan dari mordernisasi yang ada di zaman sekarang, sehingga negara dapat berkembang menjadi lebih baik dari sebelumnya.
Landasan Teori:
Dalam konteks perkembangan teknologi, perangkat digital memungkinkan siswa untuk mengakses berbagai sumber belajar, mengeksplorasi konsep melalui media interaktif, dan membangun pemahaman yang lebih mendalam. Teknologi memungkinkan siswa untuk belajar secara mandiri dan menghubungkan informasi dari berbagai sumber, sehingga mendukung teori konstruktivisme dalam praktik pendidikan.
Hipotesis:
Penggunaan teknologi dalam pembelajaran berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa di SMA Assisi Samarinda. Dimana para pelajar dapat menggunakan teknologi yang ada dengan cara mengeksplorasi secara bebas dan tidak berpatokan pada buku saja.
Metodelogi Penelitian:
1. Jenis Penelitian. Penelitian murni atau dasar, karena mencipatakan teori - teori tentang pentinya mengenal dunia teknologi di zaman sekarang.
2. Teknik Pengumpulan Data. Observasi, peneliti melakukan pengamatan terhadap peristiwa yang terjadi di lingkungan sekitar, khususnya di lingkungan sekolah SMA Assisi Samarinda.
3. Teknik Analisis Data. Analisis data kualitatif, karena peneliti melakukan observasi pada lingkungan sekitar.
4. Unit Analisis Data. Melakukan pengamatan yang ada disekolah SMA Assisi Samarinda mengenai penggunaan teknologi pada pembelajaran.