ABSTRAK
Pencalang adalah kapal yang di peruntukan untuk berdagang pada jamannya. Perahu ini juga bisa di sebut sebagai pantchiallang atau pantjalang. Kata pencalang pada awalnya menggunakan bahasa melayu , yang sekarang telah diubah ke dalam bahasa Indonesia , yaitu calang dan mencalang , yang berarti meninjau, mengintai, dan mengintip. Oleh karena itu pencalang dapat diartikan sebagai "perahu yang digunakan untuk memata-matai" atau "perahu intai". Materi dari teks yang saya buat ini di ambil dari beberapa sumber artikel-artikel yang ada pada media social, Tujuannya dibentuk teks ini mengenai Kapal pencalang, kapal tradisional indonesia, karna dengan adanya teks ini saya ingin mengenalkan Kembali legenda kapal yang di miliki salah satu daerah di indonesia yang mungkin banyak masyarakat masih belum mengetahui sejarahnya.
Kata kunci : Kapal Pencalang, Jawa, Tradisional Nusantara.
PENDAHULUAN
Latar belakang
Indonesia memiliki beberapa kekayaan alam dan budaya, banyak peninggalan peninggalan budaya yang menjadi ciri khas beberapa daerah yang ada di Indonesia. Kapal pencalang adalah satu peninggalan masyarakat pada jamannya. Pada awalnya, kapal ini dirangkai oleh orang orang darah melayu dari daerah Riau dan Semenanjung Melayu, tetapi setelah berjalannya waktu dan terkenalnya kapal pencalang pembuat kapal jawa mulai merakit dan meniru bentuk kapal pencalang. Akhirnya pada ujung abad ke-17 kapal ini telah dibangun oleh pembuat kapal Jawa dan Cina disekitar Rembang. Namun kapal ini adalah pilihan populer untuk nakhoda Bali diikuti oleh nakhoda Sulawesi.
Kapal pencalang mempunyai 2 atau satu tiang layar yang berdiri, dengan sepanjang lambung kapal di tutupi oleh geladaknya dan sebuah bilik di tengah yang berfungsi sebagai ruang muatan, ditutup dengan geladak tetap. Kapal ini dikemudikan dengan kemudi sisi yang ada pada kedua sisi kapal. Tiang kedap airnya sangkat kokoh, dapat diturunkan pada tiang penyangga. Kapal pencalang mempunyai buritan depan dan belakang yang berbentuk melengkung  dan dasar lambung yang luas dan berbentuk lingkaran. Freeboard rendah dinaikkan di tengah kapal ke ke sisi kanan kapal. Kapal memiliki balok melintang yang berat dan dek sebagian maupun dek kontinu.