Mohon tunggu...
KOMENTAR
Inovasi

Self Service, Perpaduan Teknologi dan Interaksi Manusia

23 April 2010   17:04 Diperbarui: 26 Juni 2015   16:37 561 0
[caption id="attachment_125402" align="alignleft" width="76" caption="Touch Screen Kiosk"][/caption] Pernahkah anda berjalan jalan di mall atau bandara dan melihat sebuah mesin yang menjual produk soft drink atau minuman ringan di dalam sebuah box yang jika anda ingin membelinya maka anda hanya tinggal memasukan uang dan memilih jenis minuman ringan yang anda inginkan ?, atau cobalah ke ATM dan belilah pulsa disana maka anda secara tidak langsung sudah merasakan bagaimana sebuah teknologi di terapkan dan mampu berinteraksi dengan manusia serta memenuhi kebutuhannya. Hal inilah yang mendasari saya dan tim untuk mengembangkan berbagai teknologi yang memberikan kemudahan bagi manusia dalam memenuhi kebutuhannya. Berawal dari kepenatan saya di dunia teknologi informasi yang semakin ramai mulai di gunakan oleh masyarakat kita yang mulai "melek" terhadap internet, kami melihat berbagai peluang untuk mengintegrasikannya dengan berbagai disiplin ilmu seperti industri besi dan hubungan manusia dan mesin. Kita saat ini cenderung untuk memilih berbelanja di swalayan yang secara defakto kita memilih dengan leluasa dan melihat barang tersebut kemudian baru memutuskan untuk membelinya, walaupun kadang kita hanya tergoda oleh tampilan yang ada saja. Melihat hal ini saya mencoba mencari berbagai alternatif yang bisa menjadi peluang untuk pengembangan ini. Alhasil saat ini saya dan tim telah mengembangkan berbagai jenis layanan mandiri (self service) dengan memadukan teknologi informasi, interaksi manusia dan industri besi menjadi sebuah perangkat yang mulai banyak di gunakan dan sebentar lagi akan menjadi "booming". Ya, perangkat tersebut antara lain adalah kiosk interaktif. Dengan dasar penggunaan sistem komputerisasi yang di bundle dalam bentuk yang menawan seperti Vending Manchine hingga Cash Payment memberikan kepuasan kepada para penggunanya dengan rasa aman dalam bertransaksi serta kemudahan yang ada. Tidak hanya itu berbagai model telah kami kembangkan seperti Self Service Check-In sebuah airline ternama di Indonesia, Kiosk Informasi Pemerintahan hingga Kiosk Pembayaran Tagihan Telp dari sebuah operator telekomunikasi. Belum lagi hal yang tidak di pikirkan oleh banyak orang seperti Kiosk Timbangan Produk di sebuah pabrik ternama hingga Kiosk Sewa DVD Rental yang banyak di kembangkan. Masyarakat begitu antusias dan tertarik dalam penggunaan perangkat ini walaupun ada yang sekedar mencoba hingga akhirnya menjadi terbiasa dan menjadi pelanggan setia mesin ;). Padahal banyak orang yang mencemooh kerja kami beberapa waktu lalu karena mereka mengunderestimate masyarakat kita yang cenderung vandalism, untrusted dan cenderung perusak. Nyatanya justru masyarakat kini mulai membutuhkan banyak kiosk interaktif dan mesin layanan mandiri ini bahkan mulai melirik untuk menjadikannya sebagai bisnis baru. Kini saya sendiri masih terus mengembangkan inovasi baru dan mencoba memasukan berbagai kebutuhan dalam sebuah layanan interaksi. Sayangnya di Indonesia belum banyak yang mengerti tentang hal ini. Anda tertarik ?, kami siap membantu anda...

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun