Studi kasus ini dilaksanakan pada pembelajaran bahasa Indonesia  di kelas X Dhaihatsu SMK Yosonegoro Magetan Tahun Pelajaran 2023/2024. Dengan materi menganalis struktur teks laporan hasil observasi (LHO). Menganalisis struktur teks adalah hal mendasar yang harus dikuasai siswa sebelum menulis sebuah teks namun, pada kenyataannya terdapat permasalahan yaitu siswa kurang mampu dalam menganalisis struktur teks laporan hasil observasi (LHO). Hal ini disebabkan oleh beberapa hal diantaranya: 1) masalah rendahnya motivasi belajar peserta didik, 2) keterbatasan guru dalam menerapkan model belajar inovatif yang disebabkan oleh berbagai faktor, 3) Guru jarang menampilkan media pembelajaran yang menarik dalam kegiatan belajar mengajar. 4) rendahnya kemampuan literasi siswa, Berdasarkan permasalahan di atas, upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut, yaitu mendesain pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kemampuan menganalisis struktur teks LHO dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan media berbasis TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge).