1. Planning
Lebih dari 2/3 responden tidak memiliki strategi dan perencanaan usaha yg jelas. Mayoritas (lebih dari separuh) yg memiliki strategi dan planning yg bagus, pertumbuhannya jg bagus.
2. Marketing
Kacaunya marketing menjadi salah satu sebab rendahnya pertumbuhan. Tidak fokus pada produk/jasa yg dijual pada pasar yg tidak fokus pula.
3. Mismanaged Change
Setiap usaha memiliki fase2 tertentu. Setiap fase memiliki kebutuhan yg berbeda. Ketika fase sudah meningkat, namun usaha tetap dijalankan dng cara2 yg lama, terjadilah mismanaged. Ini menghambat pertumbuhan.
4. Wrong Objectives
Banyak entrepreneur mengejar tujuan yg salah. Banyak yg hanya mengejar (kenaikan/pertumbuhan) omset, namun tidak disertai angka2 lain yg berkaitan misalnya gross margin, cash generation, dst shg terjebak 'busy fool'. Kelihatannya bisnis tumbuh, kelihatannya usaha berjalan ramai, tapi tidak menghasilkan profit.
Silakan dibaca sendiri lanjutannya.