Mohon tunggu...
KOMENTAR
Pendidikan

Koneksi Antar Materi - Coaching Modul 2.3.a.9 CGP Angkatan 4

4 April 2022   09:49 Diperbarui: 4 April 2022   09:57 3319 0
Dalam koneksi antar materi ini, saya menemukan beberapa kesimpulan, diatnaranya:

  1. Coaching dalam pendidikan
    • Sejalan dengan filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara, bahwa coaching itu adalah salah satu tujuan pendidikan guna menemukan kodrat yang dimiliki tiap murid.
    • Untuk menemukan kodrat yang dimiliki murid, maka gunakanlah pertanyaan -- pertanyaan reflektif dan efektif guna membuka seluas luasnya kodrat yang dimiliki  
  2. Pembelajaran berdiferensiasi serta sosial dan emosional
    • Dengan memperhatikan kebutuhan siswa,hasil  coaching seharusnya mampu memaksimalkan potensi potensi tiap murid.
    • Dengan coaching, kita menuntun murid guna menemukan potensi potensi yang bisa di miliki dan di banggakan oleh murid dimasa sekarang dan masa depan.
  3. Proses coaching di sekolah
    • Proses coaching di sekolah, sejatinya membantu guru untuk:
    • Menemukan potensi dan memperbaiki perilaku murid
    • Menggali potensi yang bisa di banggakan oleh murid
    • Melatih murid membuka wawasan secara seluas luasnya dengan menggunakan pertanyaan terbuka.
  4. Aspek komunikasi
    • Assertif
    • Aktif mendengar
    • Pertanyaan reflektid
    • Umpan balik positif
  5. Coaching model TIRTA
    • Tujuan: Menyampaikan tujuan coaching
    • Identifikasi: Memberikan pertanyaan-pertanyaan dan umpan balik yang mengarah pada identifikasi potensi coachee
    • Rencana Aksi: Memberikan pertanyaan-pertanyaan dan umpan balik mengenai rencana aksi coachee dalam menyelesaikan permasalahannya
    • Tanggung jawab: memberikan pertanyaan-pertanyaan dan umpan balik mengenai komitmen coachee dalam menjalankan rencana aksinya
  6. Ketrampilan yang dimiliki
  • Membangun proses
  • Membangun hubungan baik
  • Terampil berkomunikasi
  • Terampil memfasilitasi proses belajar.
KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun