Stres? Pusing? Tidak tahu bagaimana cara mendapatkan solusi atau jalan keluar atas masalah yang dihadapi dalam bekerja? Jadikan kesulitan ini menjadi motivasi dalam bekerja. Apa bisa? Perhatikan solusi berikut :
1. Prioritaskan yang pertama dan terpenting
Jika ada beban berat dalam menangani satu proyek yang sangat penting, satu hal yang paling bisa dilakukan pertama kali adalah tarik napas dan tenangkan diri. Fokuskan ke tugas yang menjadi prioritas.
2. Tetap terorganisir
Buatlah agenda agar sesuai dengan tugas yang harus dikerjakan. Karena dengan mengetahui target dengan jelas, maka akan dapat diketahui bagaimana cara membuat suatu perencanaan.
3. Komunikasi
Bersiaplah menemui hal – hal yang dinamakan dengan kendala. Kemudian sampaikan kendala tersebut kepada yang berkaitan dengan pekerjaan yang sedang dilakukan. Jangan disimpan karena tidak akan pernah dapatkan solusi dan menambah kendala-kendala baru.
4. Banyak bergaul
Jalinlah kerjasama serta pertemanan dengan rekan kerja dari divisi lain, maka hal tersebut akan sangat berguna untuk melancarkan pekerjaan. Contoh, luangkan waktu untuk makan siang bersama atau pulang bareng sepulang kerja untuk menjalin kekompakkan.
5. Delegasi
Mulailah untuk mendelegasikan sebuah pekerjaan pada rekan kerja atau anggota tim saat berada di dalam situasi bekerja. Dengan harapan, pekerjaan yang dilakukan akan lebih cepat selesai. Namun, pengawasan itu perlu agar tidak timbulnya kesalahan – kesalahan.