Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) adalah proses krusial yang mempengaruhi kesempatan pendidikan dan distribusi peserta didik di berbagai sekolah. Dalam beberapa tahun terakhir, perdebatan tentang penggunaan sistem zonasi dalam PPDB telah menjadi sorotan utama. Sistem zonasi merupakan pendekatan yang membagi wilayah ke dalam zona-zona dan mengalokasikan peserta didik ke sekolah terdekat berdasarkan lokasi tempat tinggal mereka. Perdebatan ini semakin kompleks ketika dikaitkan dengan kesenjangan dalam sistem pendidikan dan infrastruktur di tingkat daerah. Salah satu aspek penting dalam dunia pendidikan yang bertujuan untuk memberikan akses yang adil dan merata bagi semua siswa. Namun, dalam konteks kesenjangan dalam sistem pendidikan dan infrastruktur di tingkat daerah, peran pihak netral dalam PPDB menjadi semakin penting. Kesenjangan ini mencakup kualitas pendidikan, aksesibilitas, dan fasilitas pendidikan yang dapat berdampak pada kesetaraan kesempatan belajar. Dalam tulisan ini, saya akan membahas tentang peran pihak netral dalam mengatasi kesenjangan tersebut, serta beberapa referensi yang mendukung pandangan tersebut.
KEMBALI KE ARTIKEL