Mohon tunggu...
KOMENTAR
Sosbud

Tempat Penitipan

7 Desember 2009   12:18 Diperbarui: 26 Juni 2015   19:02 201 0


Beberapa waktu yang lalu ketika seorang teman yang memiliki sebuah bengkel mobil-mobil Eropa berkunjung, dia bercerita tentang kejadian yang di alaminya…
“Seminggu yang lalu saya ada tiga undangan nikahan seorang kerabat di daerah ciputat…” ujarnya.
“Kebetulan di bengkel saya ada tiga mobil pelanggan yang sudah selesai diperbaiki, biasanya yang benerin mobil di tempat saya, kalo dah selesai, minta di tes dulu sama saya, pernah ada yang minta ngetes mobilnya sejauh mungkin, sampai-sampai dia ngirim supirnya buat ngasih uang bensin, ya kira-kira kalo di ukur, bensin itu cukup buat perjalanan Jakarta Surabaya…”

“Wah lumayan dong mas, bisa jalan-jalan sampe Surabaya” saya memotong pembicaraannya.

“Hehe, ya saya kan montir, jadi sudah tahu sejauh mana mobil ini bisa di uji setelah saya perbaiki, kebetulan aja yang punya mobil gak ngerti mesin, jadi dia takut kalo mobilnya lagi perjalanan jauh terus mogok” Teman saya menimpali…

“Terus gimana dong…” penasaran juga saya.

“Ya saya tolak aja, saya tes yang jaraknya deket-deket aja” katanya lagi…

Kami terdiam beberapa saat…

“terus yang tadi gimana mas..” saya coba alihkan lagi ke topik pembicaraan pertama.

“O iya, lanjut yang tadi, nah yang mobil B*W yang tiga tadi kebetulan memang sudah selesai lebih cepat dari jadwal, yang satu mungkin sekitar hari senin lah baru di ambil yang punya, saya mikir, gimana kalo ntar ke undangan yang hari minggu, saya pake dulu B*W yang mau di ambil itu, sekalian ngetes, lagian kayaknya lebih ngejreng kalo ke acara nikahan pake B*W, mobil saya kan odong-odong…”

Selintas saya terpikir, mobil odong-odong yang kaya gimana, tapi ah daripada ceritanya dipotong lagi, mending disimpan aja dulu pertannyaan itu.

“Nah yang acara nikah yang lainnya saya gantian pake mobil yang dua lagi” katanya sambil senyum-senyum…

“Terus…” saya menimpali lagi, pengen cepet tahu juga endingnya kayak apa…

“Eh…pas Sabtu pagi supirnya yang mobilnya hari senin mau di ambil datang, “Mas mobilnya dah selesai belum ? soalnya bapak ada keperluan mendadak butuh mobil ini”.
“Saya jawab belum, padahal udah beres, masa saya bohong sama pelanggan sendiri, ntar gak berkah usaha saya” katanya..
“Kok gak nelpon dulu, dalam hati saya, biasanya juga konfirmasi dulu kalo mau ngambil”
“Udah pak, udah beres, Cuma belum saya tes, tapi gak ada masalah kok, itu cuma pengapiannya aja yang bermasalah, insya Allah lancar kok buat jarak jauh, pokoknya garansi lah.”

“Hehe…” nggak tahan juga saya pengen senyum. “Kan masih ada dua lagi” timpal saya.

“Nah…! Itu dia, nggak berapa lama berturut-turut saya di telpon yang punya mobil yang dua lagi, katanya mobilnya tolong diselesaikan cepat, hari Sabtu sore kalo bisa dah selesai, yang satu karena kekurangan mobil buat plesiran ke Bandung, yang satunya lagi saya lupa kepentingannya apa”
“Ya karena dah beres mobilnya, saya bilang silahkan saja di ambil, sudah beres kok, tapi sesuai rencana pemiliknya, diambilnya ya memang sabtu sore…”

“Hahaha…”kali ini saya tidak kuat menahan tawa.
Tiba-tiba tawa saya terhenti, saya lihat dia terdiam, kepalanya menengadah ke atas langit-langit…matanya tiba-tiba jadi sayu, raut wajahnya berubah jadi serius…
Kaget juga, “jangan-jangan dia tersinggung saya tertawa denger ceritanya, tapi masa sih…”

Akhirnya setelah terdiam beberapa saat…

“Jadi…sudah seharusnya kita tidak boleh kecewa, kalau apa-apa yang ada pada kita, tiba-tiba diminta oleh pemiliknya…”
“Apalagi sampai kita sedih, wong itu bukan hak kita, kita hanya diserahi tugas memperbaiki, berarti hanya sementara, dengan kata lain cuma dititipkan saja. Dan terserah pemiliknya mau di ambil kapanpun…”
KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun