Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ruang Kelas

Strategi Adaptasi Lokal Burger King dalam Meraih Kesuksesan di Pasar Indonesia

2 Juli 2024   15:47 Diperbarui: 2 Juli 2024   15:56 57 2
Globalisasi telah membuka pintu bagi perusahaan-perusahaan multinasional untuk memperluas jangkauan mereka ke berbagai belahan dunia. Namun, kesuksesan di pasar global tidak hanya bergantung pada kekuatan merek atau produk yang ditawarkan, tetapi juga pada kemampuan perusahaan untuk beradaptasi dengan budaya dan preferensi lokal. Fenomena ini dikenal sebagai glokalisasi, yaitu perpaduan antara globalisasi dan lokalisasi. Professor Roland Robertson, seorang ahli sosiologi asal Inggris, pertama kali menggunakan istilah glokalisasi ketika dia melakukan penelitian tentang masyarakat Jepang. Robertson menemukan istilah dochakuka, yang berasal dari kata dochaku, yang berarti tinggal di tanah seseorang. Istilah ini pertama kali digunakan dalam sistem pertanian untuk berarti menyesuaikan teknik pertanian dengan kondisi lokal. Pada tahun 1980-an, istilah ini kemudian digunakan dalam istilah bisnis di Jepang, yang pada akhirnya menjadi sangat populer di seluruh dunia. Glokalisasi, dalam istilah ekonomi, mengacu pada micromarketing, yaitu menyesuaikan dan mempromosikan barang dan jasa yang berasal dari seluruh dunia untuk pasar lokal tertentu yang berbeda (Robertson, 1995). Jika dilihat sebagai bagian dari globalisasi, produk-produk yang dominan dalam kapitalisme global akan berbeda jika pusat pasar tertentu yang menginginkan produk yang dibuat dengan perhatian dan kepedulian "lokal". (Barker, 2000). Ketika sebuah perusahaan global masuk ke pasar lokal yang berbeda dari pasar lainnya, mereka menggunakan strategi glokalisasi untuk memenuhi kebutuhan konsumen pasar tertentu. 

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun