Pendidikan adalah suatu pondasi dalam hidup yang harus dibangun dengan sebaik mungkin. Secara umum pendidikan adalah proses pembelajaran pengetahuan, keterampilan serta kebiasaan yang dilakukan suatu individu dari satu generasi ke generasi lainnya.
Pembelajaran adalah proses interaksi antara peserta didik dan guru dengan pendidikan dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.
Kami melaksanakan kegiatan observasi dan wawancara di SD Negeri Purworejo. Kegiatan wawancara dilakukan bersama dengan wali kelas dari kelas 1, 2, 4, dan 5. Kegiatan wawancara yang dilakukan yaitu berfokus pada kegiatan pembelajaran di kelas, mulai dari model pembelajaran yang diterapkan, metode, pembelajaran berdiferensiasi, keterampilan IPA dan lainnya. Dalam proses pembelajaran di SD tersebut sangat bervariasi, karena setiap siswa memiliki karakteristik yang berbeda-beda di setiap kelasnya.
Di SD Negeri Purworejo ini menggunakan kurikulum merdeka, dimana tidak ada mata pelajaran IPA di kelas 1 dan 2 hanya saja terdapat muatan IPA di beberapa mata pelajaran yang lain, sedangkan untuk kelas 4 dan 5 sudah terdapat mata pelajaran IPA.