Proses berseni rupa di sekolah dasar, terkhusus pada kegiatan menggambar, setelah siswa menghasilkan karya gambar lalu pendidik melakukan penilaian dan akhirnya sudah sampai tahap itu saja. Padahal setelah proses penilaian, pendidik dapat melakukan analisis dari hasil karya gambar tersebut. Karya gambar yang dihasikan siswa dapat mencerminkan karakternya. Dan pastinya hasil goresan dari setiap siswa akan berbeda, sesuai dengan apa yang dilihat dan dipikirkan. Hasil karya gambar ini mengungkapkan beberapa perasaan siswa yang berbeda. Namun pada kenyataannya, hasil ungkapan karya gambar siswa ini sering dilupakan. Berdasarkan hasil gambar yang dihasilkan dari setiap siswa inilah, pendidik dapat mengetahui kecenderungan ungkapan seni rupa yang berbeda di setiap karya yang dihasilkan. Ungkapan karya gambar siswa didasarkan pada pengungkapan gambar yang dibuat pada sebuah bidang. Ada beberapa bentuk ungkapan gambar siswa (Garha, 1998) yaitu:
KEMBALI KE ARTIKEL