Berikut ini ada beberapa tips mengenai 50 hal yang patut kita hindari saat wawancara kerja (terjemahan tidak resmi Saya). Aslinya ditulis oleh Karen Burns, yang sebelumnya menerbitkan buku berjudul:The Amazing Adventures of Working Girl: Real-Life Career Advice You Can Actually Use.
Satu yang tidak boleh kita lupa bahwa pekerjaan adalah suatu hal yang sifatnya juga jodoh-jodohan, dalam artian, terkadang kita sudah berusaha semaksimal mungkin namun ternyata justru kegagalan yang kita dapatkan alias belum jodoh.
Namun jangan berkecil hati lantas berputus asa, teruslah berusaha sebaik-baiknya karena mungkin Tuhan mempunyai rencana yang lebih baik untuk kita.
Semoga bermanfaat.
====
1. Datang terlambat.
2. Datang terlalu cepat.
3. Menyalakan rokok atau bau rokok.
4. Menjelek-jelekkan bos terakhir Anda.
5. Berbohong tentang keahlian Anda / pengalaman / pengetahuan.
6. Mengenakan pakaian yang salah,untuk pekerjaan yang Anda lamar.
7. Lupa dengan nama orang yang mewawancarai Anda.
8. Menggunakan terlalu banyak parfum setelah bercukur.
9. Mengenakan kacamata hitam.
10. Memakai Bluetooth earpierce (alat komunikasi pada telinga).
11. Sebelum wawancara tidak melakukan penelitian tentang perusahaan tersebut.
12. Gagal dalam menunjukkan antusiasme.
13. Menanyakan terlalu dini tentang keuntungan.
14. Berbicara tentang persyaratan gaji terlalu cepat.
15. Tidak mampu menjelaskan kekuatan dan kemampuan Anda ke dalam perkerjaan yang dibutuhkan.
16. Gagal untuk menunjukkan mengapa Anda adalah orang yang terbaik untuk pekerjaan ini.
17. Lupa untuk membawa salinan resume atau portofolio Anda.
18. Gagal untuk mengingat apa yang Anda tulis di resume Anda sendiri.
19. Terlalu banyak bertanya.
20. Tidak bertanya sama sekali.
21. Tidak siap menjawab pertanyaan-pertanyaan dasar.
22. Gagal untuk mendengarkan dengan seksama apa yang dikatakan oleh orang yang mewawancarai Anda.
23. Berbicara lebih dari separuh waktu.
24. Memotong pembicaraan orang yang mewawancarai Anda.
25. Mengabaikan gaya komunikasi pewawancara Anda.
26. Menguap.
27. Membungkuk.
28. Membawa teman atau ibu Anda.
29. Permen karet, tembakau, pena Anda, rambut Anda.
30. Tertawa, bersiul, bersenandung, menggigit bibir.
31. Mengatakan "Anda tahu," "seperti," "Kurasa," dan "um."
32. Menjatuhkan atau membual atau terdengar seperti sombong.
33. Meminta untuk menggunakan kamar mandi.
34. Berpura-pura untuk terlihat sederhana.
35. Berjabat tangan terlalu lemah, atau terlalu erat.
36. Gagal untuk membuat kontak mata atau justru membuat kontak mata terus menerus.
37. Duduk sebelum pewawancara Anda.
38. Menjadi marah atau defensif.
39. Mengeluh bahwa Anda terus menunggu.
40. Mengeluh tentang apa saja!
41. Berbicara kasar kepada resepsionis.
42. Menunjukkan kegugupan Anda.
43. Menjelaskan secara berlebihan mengapa Anda kehilangan pekerjaan terakhir Anda.
44. Terlalu akrab dan bercanda.
45. Terdengar putus asa.
46. Memeriksa waktu.
47. Terlalu banyak cerita/berbicara.
48. Terlihat seperti sedang berlatih (mengingat-ngingat/ kaku).
49. Menyalakan telefon genggam Anda.
50. Gagal meminta pekerjaan.
====
sumber asli klik di sini.