Pada masa kanak – kanak menengah dan akhir, diri internal (internal self), diri sosial (sosial self), serta diri yang diperbandingkan secara sosial (socially comparativ self) menjadi menonjol. Konsep - diri merujuk pada domain evaluasi yang spesifik mengenai diri. Penghargaan-diri merujuk pada evaluasi global menngenai diri, yang juga menyangkut martabat-diri (self-image). Penghargaan-diri memiliki kaitan yang cukup dengan prestasi sekolah namun memiliki kaitan yang kuat dengan inisiatif. Dan perkembangan dalam emosi dapat menyangkut : pemahaman terhadap emosi-emosi yang kompleks seperti bangga dan malu, mendeteksi bahwa ada lebih dari sebuah emosi yang dapat dialami didalam sebuah situasi khusus, mempertimbangkan lingkungan yang dapat menggiring pada reaksi emosional, memperbaiki kemampuan menekan dan mengungkapkan emosi-emosi negatif, serta penggunaan inisiatif-diri untuk mengarahkan kembali perasaan-perasaan yang ada.