Sejalan dengan perkembangan jaman yang semakin maju semua siswa diharapkan memiliki pemahaman karir yang baik sejak dini. Karena dengan memiliki pemahaman tentang karir sedari awal dapat membantu memunculkan sisi tanggung jawab siswa tehadap kehidupannya. Hal ini sejalan denga teori perkembangan karier Ginzberg dkk (dalam Manrihu, 1988: 72) bahwa "dapat dilihat peserta didik SMP telah masuk pada tahap tentatif yaitu tahap capacity (kemampuan), anak sudah mampu untuk membuat perencanaan kariernya". Mengacu kepada teori tersebut pelajar SMP memang telah mampu untuk merencanakan karir di awal. Namun pada kenyataannya masih dijumpai siswa yang belum mengetahui arah karirnya setelah lulus dari SMP. Bagi siswa yang melanjutkan studi mereka kebingungan untuk memilih jurusan apa yang cocok/ sesuai dengan mimpi pekerjaan yang mereka miliki. Oleh karena itu perlu adanya perencanaan karir yang matang sejak dini berdampak besar kepada kehidupan karir peserta didik kedepannya. Salah satu caranya adalah dengan memberikan layanan bimbingan dan konseling bidang karir yaitu tentangarah karir siswa. Kemudian setelah itu muncul pertanyaan, layanan BK yang seperti apa yang dapat membantu karir siswa!. Tentu di butuhkan inovasi dalam pemberian materi layanan yang menarik bagi siswa salah satunya dengan bantuan media layanan bimbinga dan konseling.
KEMBALI KE ARTIKEL