Pendidikan adalah salah satu aspek penting bagi kehidupan manusia. Pendidikan merupakan jembatan maju mundurnya sebuah negara. Untuk dapat menciptakan manusia yang unggul tentu adanya Pendidikan berkualitas. Pendidikan mempunyai peran yang sangat penting dalam membentuk suatu karakter manusia. Pemerintah mewajibkan kepada warga negaranya untuk mendapatkan hak Pendidikan selama 12 tahun. Pendidikan di zaman ini tentunya berbarengan dengan adanya kemajuan teknologi. Pembentukan karakter atau kepribadian anak bukan merupakan sebuah Pelajaran, tetapi dapat dikatakan sebagai contoh konkret dari bimbingan orangtua, guru, serta media informasi dan teknologi yang ikut serta dalam mempengaruhi keberhasilan perkembangan anak. Jika dilihat melalui Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 bab 1 pasal 1 mengenai sistem Pendidikan nasional dapat dijelaskan bahwa Pendidikan adalah usaha sadar serta terencana untuk dapat mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengemmbangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, dan keterampilan yang diperlukan dirinya, Masyarakat, bangsa dan negara. Mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran yang berfungsi untuk mewadahi para peserta didik dalam memberikan pemahaman kepada warga negara tentang berbagai perbedaan yang harus dijaga serta pemahaman mengenai fenomena sosial yang ada di masyarakat. Pemahaman ini memerlukan pendekaran pembelajaran yang tidak hanya teoritis tetapi interaktif agar para peserta didik dapat mengaitkan atau mampu bertumpang tindih dengan kehidupan nyata. Dalam mata Pelajaran ips ini saya kira dapat digabungkan dengan strategi yang efektif untuk mencapai tujuan ini dengan menggunakan metode diskusi dan debat. Saya memilih strategi tersebut agar para peserta didik tidak hanya melatih kemampuan berfikir kritis serta analitis, tetapi dapat membuat para peserta didik aktif dalam penyampaian pendapat atau dapat menghargai pendapat orang lain. Artikel ini akan membahas bagaimana pembelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) dapat meningkatkan pemahaman konsep sosial peserta didik.
KEMBALI KE ARTIKEL