Keterampilan menulis menuntut siswa untuk mampu menguasai pengetahuan terkait jenis tulisan yang akan dihasilkan. Menulis merupakan keterampilan berbahasa yang lebih sulit daripada keterampilan berbahasa lainnya. Menulis adalah kegiatan yang sulit karena penulis harus terampil dalam memanfaatkan struktur bahasa, dan kosa kata agar tulisannya menjadi pengungkapan gagasan dan pikiran yang baik. Dalam hal ini, menulis merupakan suatu keterampilan yang menjadi titik tertinggi dalam pembelajaran pada tingkat SMP. Salah satu tujuan pembelajaran yang harus dicapai siswa kelas VII pada kurikulum merdeka ini adalah menulis teks cerita fantasi. Akan tetapi, siswa selama ini mengalami kesulitan dalam menulis sebuah teks cerita fantasi. Hal ini dikarenakan siswa kesulitan dalam menentukan topik/ide dalam menuliskan teks naratif, kesulitan siswa yang kurang dapat memilih kosakata, kurangnya motivasi belajar siswa, pemahaman siswa tentang struktur dan kaidah kebahasaan teks cerita fantasi masih rendah, guru belum menerapkan model dan media pembelajaran yang tepat dalam penulisan teks cerita fantasi.
KEMBALI KE ARTIKEL