Keberhasilan proses pembelajaran dapat dilihat dari kemampuan peserta didik dalam memahami konsep materi dan evaluasi hasil belajar. Salah satu faktor penentu keberhasilan pembelajaran yaitu model dan media pembelajaran. Model pembelajaran dapat membantu peserta didik mendapatkan informasi, ide, keterampilan,  dan cara berpikir. Sedangkan media pembelajaran dapat memperjelas informasi yang dipahami peserta didik, meningkatkan motivasi belajar peserta didik, dan memusatkan perhatian peserta didik. Media pembelajaran yang sesuai dengan karakter peserta didik dan materi pembelajaran akan mampu mendukung proses pembelajaran. Di zaman yang teknologinya semakin maju ini, tentunya guru dituntut untuk beradaptasi, menguasai, dan memiliki  kompetensi dalam menggunakan alat-alat teknologi agar mendukung proses pembelajaran dan meningkatkan motivasi belajar siswa. Pada pembelajaran bahasa Indonesia terutama materi menemukan unsur-unsur teks berita, siswa kelas 8 mengalami beberapa kesulitan. Hal ini dikarenakan model pembelajaran yang digunakan guru kurang sesuai, kemampuan siswa dalam memahami unsur-unsur teks berita masih rendah, dan materi yang belum dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari siswa.
KEMBALI KE ARTIKEL