Mohon tunggu...
KOMENTAR
Pendidikan

Mulai dari Diri (Navigasi 2) Prinsip Pengajaran dan Asesmen II Topik 2

17 Juli 2024   09:16 Diperbarui: 17 Juli 2024   09:22 10 0
Sebelum Anda menyusun rancangan pembelajaran dan mempraktikkannya di sekolah, mari kita identifikasi terlebih dahulu pemahaman Anda mengenai implementasi pendekatan pembelajaran. Cobalah untuk menjawab beberapa pertanyaan berikut ini!

  • Jelaskan pengetahuan Anda mengenai karakteristik peserta didik!
    Jawaban:
    Karakteristik peserta didik dapat mencakup beberapa hal seperti: 1) Gaya belajar: Peserta didik memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. Ada peserta didik yang lebih bisa memahami pelajaran dengan cara membaca, menulis, melihat (visual), mendengarkan (auditory), atau melakukannya langsung (kinestetik). 2) Minat: Peserta didik memiliki minat yang berbeda-beda sesuai dengan bakat dan pengalaman yang dimilikinya. Pendidik perlu memahami minat mereka untuk menargetkan materi ajar yang lebih baik dan menumbuhkan semangat belajar. 3) Kecerdasan: Salah satu karakteristik peserta didik yang penting adalah kecerdasan yang dapat dikembangkan oleh pendidik. Ada beberapa tipe kecerdasan seperti kecerdasan verbal-linguistik (kemampuan bahasa), logika-matematika (kemampuan logis dan matematika), kinestetik (kemampuan fisik), visual-spatial (kemampuan visual), musik (kemampuan musik), interpersonal (kemampuan sosial), dan intrapersonal (kemampuan pribadi). 4) Tipe kepribadian: Peserta didik juga memiliki tipe kepribadian yang berbeda-beda. Beberapa peserta didik bisa menjadi introvert (lebih tertutup) dan ekstrovert (lebih terbuka), intuitif (lebih bersifat impulsive) dan sensorik (lebih terarah), berpikir (lebih rasional) dan merasa (lebih emosional), serta perceptive (lebih fleksibel) dan judger (lebih sistematis). 5) Kemampuan akademik: Kemampuan akademik peserta didik termasuk di antaranya penguasaan bahasa, kemampuan membaca, menulis, menghitung, pengetahuan umum dan keterampilan yang lainnya.
  • Sebutkan perbedaan yang mungkin ada di antara peserta didik!
    Jawaban:
    Perbedaan-perbedaan yang mungkin ada di antara peserta didik, diantaranya:Bakat dan minat: Tidak semua peserta didik memiliki bakat dan minat yang sama. Ada peserta didik yang lebih tertarik pada pelajaran matematika, sementara yang lain lebih menyukai  1) pelajaran seni atau olahraga. 2) Kemampuan dan keterampilan: Kemampuan dan keterampilan peserta didik juga dapat berbeda-beda. Ada yang lebih mahir dalam menghitung, sementara yang lain lebih baik dalam menyusun kata-kata atau memecahkan masalah. 3) Gaya belajar: Peserta didik memiliki cara belajar yang berbeda-beda. Ada yang lebih memahami pelajaran melalui membaca, sementara yang lain lebih suka dengan cara mendengarkan atau melakukan hal langsung. 4) Latar belakang budaya: Peserta didik dapat berasal dari latar belakang budaya yang berbeda-beda. Perbedaan budaya ini dapat mempengaruhi cara mereka memahami dan merespons pelajaran. 5) Kondisi kesehatan: Peserta didik juga dapat memiliki kondisi kesehatan yang berbeda-beda, seperti gangguan pandangan mata, gangguan pendengaran atau penyakit lain yang dapat mempengaruhi kemampuan belajar mereka. Perbedaan ini perlu diperhatikan oleh pendidik agar dapat memberikan pendampingan, pengajaran, dan pemberian instruksi yang lebih efektif dan efisien untuk masing-masing peserta didik.
  • Jika Anda akan mengajar peserta didik dalam satu kelas yang mempunyai tingkat capaian yang berbeda, jelaskan persiapan yang akan Anda lakukan!
    Jawaban:
    Persiapan yang akan saya lakukan jika mengajar peserta didik dalam satu kelas yang mempunyai tingkat capaian yang berbeda ialah sbb: 1) Menyusun rencana pembelajaran yang berbeda untuk setiap kelompok. Saya akan membuat rencana pembelajaran khusus untuk kelompok yang lebih unggul dan mendesain pembelajaran yang lebih dasar untuk kelompok yang membutuhkan bantuan lebih banyak. 2) Mengidentifikasi kebutuhan belajar peserta didik. Saya akan melakukan asesmen formatif untuk mengidentifikasi kebutuhan belajar dari masing-masing peserta didik sehingga dapat memberikan perhatian khusus pada setiap individu sesuai dengan kondisi mereka. 3) Menyediakan sumber belajar yang beragam. Saya akan menyediakan beragam sumber belajar seperti video, rekaman audio, buku, slide presentasi, dan sebagainya agar setiap peserta didik dapat belajar dengan cara yang sesuai dan mudah dipahami. 4) Menerapkan metode pembelajaran yang beragam. Saya akan menggunakan beragam metode pembelajaran seperti pembelajaran kooperatif, diskusi kelompok, presentasi mandiri, dan lain-lain untuk mengakomodasi kebutuhan belajar dari setiap individu di kelas.
  • Ceritakan pengalaman Anda (jika ada) dalam mengajar pada peserta didik dengan tingkat capaian yang berbeda!
    Jawaban:
    Salah satu pengalam saya ketika mengajar pada peserta didik dengan tingkatan capaian yang berbeda ialah saat melaksanakan PPL 1 di sekolah mitra yakni SMPN 5 Singaraja. Saya mengajar mata pelajaran IPA di kelas 7 B dan materi yang diajarkan hukum newton. Saya mengajar menggunakan pendekatan TaRL. Langkah-langkah yang saya ketika mengajar dengan pendekatan Teaching at the Right Level (TARL): Pertama, mengevaluasi kemampuan siswa: Saya mengevaluasi kemampuan siswa dalam memahami materi pembelajaran dengan menggunakan tes tertulis berupa pilihan ganda. Kedua, mengklasifikasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok kemampuan: Setelah mengevaluasi kemampuan siswa, saya mengelompokkan siswa ke dalam kelompok-kelompok yang setara kemampuannya.
    Ketiga, menyesuaikan materi pembelajaran: saya menyesuaikan materi pembelajaran dengan kemampuan siswa dalam setiap kelompok, sehingga materi pembelajaran yang disajikan tepat sesuai dengan tingkat kemampuan siswa tersebut. Keempat, memberikan dukungan dan bimbingan kepada siswa: Selama proses pembelajaran, saya memberikan dukungan dan bimbingan kepada siswa dalam hal memahami materi yang dipelajari. Kelima, memonitor kemajuan siswa: saya memonitor kemajuan siswa dengan menggunakan tes lisan diakhir pembelajaran. Selain itu saya menggunakan strategi teknik dialog dan tanya jawab untuk memastikan siswa memahami materi dengan baik.
  • Jelaskan pengetahuan Anda mengenai pendekatan pembelajaran yang dapat diterapkan saat mengajar pada tingkat capaian yang berbeda!
    Jawaban:
    Pendekatan pembelajaran yang dapat diterapkan saat mengajar pada tingkat capaian yang berbeda atau Teaching at the Right Level (TaRL). TaRL adalah pendekatan pembelajaran yang fokus pada mengajar siswa pada tingkat kemampuan yang sesuai dengan keterampilan mereka. Hal ini dilakukan dengan menilai kemampuan siswa secara individual dan menyesuaikan materi pembelajaran dengan tingkat kemampuan mereka. Tujuan dari pendekatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa dan membantu mereka mencapai potensi penuh dalam belajar. Pendekatan pembelajaran ini dapat diterapkan pada tingkat capaian yang berbeda karena menyesuaikan tingkat kesulitan atau kompleksitas materi pembelajaran dengan kemampuan siswa. Dengan cara ini, siswa dapat belajar dengan lebih efektif dan efisien.
KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun