Untuk lebih mudahnya, saya selalu mempersonifikasikan brand sebagai manusia yang mempunyai sebuah nama (brand identity). Sehingga semua simbol yang melekat pada sebuah brand akan menjadi sebuah persepsi bila mulai dikomunikasikan.
Selanjutnya Brand akan mencoba bersosialisasi dengan lingkungannya dengan berusaha memperkenalkan dirinya ke khalayak dengan caranya sendiri yang unik (memiliki keunikan).Bila khalayak menerima kehadiran brand, tentu akan timbul interaksi yang positif dalam menciptakan positioning sebuah brand. Tentunya upaya ini harus dilakukan secara berkesinambungan.
Masalah kemudian timbul jika Brand tidak mampu berinteraksi dan tidak berhasil menjangkau audiencenya.Berangkat dari permasalahan tersebut, ada sebuah konsep yang sekiranya dapat diterapkan. Saya menyebutnya sebagai "Way of Life" yaitu menggabungkan strategi offline marketing dan online marketing secara berkesinambungan dan diukur dengan menggunakan Key Performance Index.
Off Line Marketing dan Online Marketing saat ini sudah menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari upaya sebuah brand mencapai tujuannya. Keduanya dapat dianalogikan sepasang kaki yang harus melangkah secara bergantian agar dapat mencapai tujuan tertentunya. Ditengah persaingan yang ketat, sangat penting untuk dapat melatih kedua kaki agar dapat berfungsi sebagai cara yang alami. Tentunya dengan menerapkan pola latihan sebagaimana bayi baru belajar berjalan.
Beberapa cara Offline yang dapat dilakukan meliputi:
- Fact Finding
- Decide STP and 4P
- Plan Activation
- Conduct Activation
- Post Activity Report