-Aliran filsafat pendidikan
1. Aliran progresivisme
Dalam pandangan aliran ini manusia harus selalu maju, bertindak konstruktif, inovatif, reformatif, dan dinamis. Sebab manusia mempunyai naluri selalu menginginkan perubahan-perubahan. Menurut imam barnadif, progresifisme menghadapi pendidikan yang progresif atau Maju. Semua itu dilakukan oleh pendidikan agar manusia dapat melalui kemajuan sehingga orang akan bertindak dengan intelegensi nya. Jadi, Progresivisme itu sangat menyadari bahwa perubahan pasti terjadi, model sekolah sekarang bisa jadi tidak relevan di masa yg akan datang, sehingga progresivisme menyiapkan anak didik untuk masa yg akan datang..
2. Aliran konstruktivisme
Salah satu tokoh yang disebut sebut sebagai  pelopor konstruktifisme adalah yam piaget. Dia adalah seorang psikolog kelahiran Nusatel, Swiss pada tanggal 19 Agustus 1896. Konstruktifisme yang dikembangkan yam piaget dalam bidang pendidikan dikenal dengan nama konstruktifisme kognitif atau personal konstruktifisme.Â