Mohon tunggu...
KOMENTAR
Pendidikan

Pendidikan sebagai Proses Penyadaran: Kritik atas Realitas yang Menindas

25 November 2024   13:34 Diperbarui: 25 November 2024   13:44 19 0
Paulo Freire menawarkan paradigma pendidikan yang melampaui transfer pengetahuan. Bagi Freire, pendidikan adalah proses penyadaran (conscientization) yang bertujuan untuk membantu individu memahami realitas hidup mereka secara kritis. Realitas ini tidak hanya melibatkan dimensi eksternal yang objektif, seperti kondisi sosial atau ekonomi, tetapi juga kesadaran subjektif individu dalam memaknainya. Dengan penyadaran, individu diajak melihat dirinya sebagai subjek dalam sejarah, bukan sekadar objek pasif yang dikendalikan oleh sistem.

Pemikiran Freire relevan dalam konteks pendidikan di Indonesia, di mana struktur sosial yang timpang sering kali menciptakan ketidakadilan sistemik. Banyak peserta didik diajarkan untuk menerima kondisi mereka sebagai "nasib" alih-alih melihatnya sebagai hasil dari struktur sosial yang menindas. Dengan demikian, pendidikan konvensional cenderung memperkuat pola pikir pasif dan tunduk terhadap status quo. Freire mengkritik pola ini dan menawarkan konsep pendidikan yang membebaskan melalui kodifikasi dan dekodifikasi.

Kodifikasi dan Dekodifikasi: Langkah Awal Penyadaran

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun