Mohon tunggu...
KOMENTAR
Pendidikan

Tuntas Dengan Remedial Berjenjang

23 Agustus 2013   00:15 Diperbarui: 24 Juni 2015   08:56 331 1

ABSTRAK

Apriyanti Arifin. 196904081994122002. 2011. Upaya Meningkatkan Ketuntasan Belajar Matematika Siswa Kelas XII IPS.1 SMA 1 Sragi Tahun Pelajaran 2010/2011 Pada Materi Solusi Program Linier Dengan Pemberian Instrumen Evaluasi Remedial Secara Berjenjang. Lomba Penulisan Pengalaman Terbaik ( Best Practice ) Guru dalam Pelaksanaan Tugasnya Tingkat Nasional Tahun 2011.

Kata Kunci : Instrumen Evaluasi Remedial Berjenjang, Ketuntasan Belajar Matematika

Konsep belajar tuntas memberi peluang yang sangat besar kepada para siswa untuk mencapai ketuntasan belajar. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa dalam setiap ulangan yang diberikan oleh guru masih terdapat siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar. Oleh karena itu guru berupaya mengadakan remedial kepada para siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar. Rumusan masalah dalam best practice ini yaitu ”Apakah dengan pemberian instrumen evaluasi remedial berjenjang dapat meningkatkan ketuntasan belajar matematika siswa kelas XII IPS.1 SMA 1 Sragi tahun pelajaran 2010/2011 pada materi solusi program linier?” Penulisan best practice ini bertujuan memberi pemahaman tentang pembuatan instrumen evaluasi yang tepat untuk menuntaskan belajar siswa pada materi solusi program linier.

Hasil ulangan harian pada materi solusi program linier, siswa yang tuntas hanya 14, 27 siswa belum mencapai ketuntasan belajar. Penerapan instrumen evaluasi remedial jenjang pertama diikuti oleh 27 siswa, 5 siswa berhasil tuntas, 22 siswa belum tuntas. Penerapan instrumen evaluasi remedial jenjang kedua, diikuti oleh 22 siswa, 9 siswa berhasil mencapai ketuntasan belajar, 13 siswa belum tuntas. Penerapan instrumen evaluasi remedial jenjang ketiga, diikuti oleh 13 siswa dan semua siswa berhasil mencapai ketuntasan belajar.

Melalui penerapan intrumen evaluasi remedial jenjang pertama, jenjang kedua dan jenjang ketiga.Disimpulkan bahwa penerapan instrumen evaluasi remedial berjenjang ternyata dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa.

@@@@@@@

  • PESERTA DIKLAT ONLINE 45 HARI P4tkmatematika
  • APRIYANTI ARIFIN
  • ANGKATAN 2 No. Urut : 65
KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun