Mafrudah, S.Ag., M.Pd.I kepala MTsN 6 Bantul dalam sambutannya  menjelaskan tentang teknik penyusunan soal.
"Tahap pertama menyusun kisi-kisi yang dikembangkan dari Kompentensi Dasar (KD) dalam Kurikulum-13 atau mencermati Capaian pembelajaran (CP) dan Tujuan Pembelajaran (TP) dalam Kurikulum Merdeka. Tahap kedua menentukan materi. Langkah ketiga menyusun indikator soal. Tahap keempat menentukan ranah kompetensi dan nomor soal. Setelah penyusunan kisi-kisi dilanjutkan menyusun soal sesuai dengan kisi-kisi, menyusun kunci jawaban, pedoman penskoran, dan diakhiri dengan editing."
Kegiatan ini dihadiri oleh Mafrudah S.Ag, M.Pd.I Kepala MTsN 6 Bantul dan  anggota MGMP Mata Pelajaran Bahasa Arab Kabupaten Bantul.  Susunan acara MGMP terdiri dari pembukaan, sambutan-sambutan, penyusunan soal PAT/AS, lain-lain dan diakhiri penutup.
Mafrudah menambahkan," Soal yang berkualitas tinggi tercermin dari hasil analisis butir soal secara kualitatif dan kuantitatif. Kualitas soal secara kualitatif diantaranya dapat dilihat dari segi materi, kontruksi dan bahasa yang digunakan. Adapun kualitas soal secara kuantitatif dapat diketahui dari daya beda, tingkat kesukaran, reliabilitas, dan validitas empiris."(sri)