Seperti yang pernah saya bahas pada tulisan saya di Kompasiana beberapa waktu lalu yang berjudul Mengulik Beberapa Faktor Yang Menyebabkan Orang Berat Berasuransi, terlihat bahwa tingkat penetrasi asuransi di Indonesia yang masih sangat rendah (jika dibandingkan dengan negara Asia lainnya) karena beberapa hal, diantaranya adalah karena masih kurangnya kesadaran masyarakat dan tingkat literasi keuangan yang belum memadai; jikalau sudah sadar dan tingkat literasi keuangan sudah cukup baik, tapi masih enggan berasuransi, mungkin dikarenakan preminya yang masih dirasa mahal oleh sebagian masyarakat kita sehingga tidak sesuai dengan kemampuan membelinya; ada juga yang merasa tidak nyaman dikejar-kejar oleh agen asuransi disebabkan kurang profesionalnya agen asuransi dalam melakukan pendekatan ke calon konsumen/nasabah; ada juga yang merasa prosedur pendaftarannya yang rumit serta menggunakan jargon-jargon yang tidak umum dan sulit dimengerti; lalu sulit melakukan klaim; bahkan sampai ada yang masih enggan berasuransi karena uang premi yang disetorkan hangus sedangkan ia sama sekali belum melakukan klaim sama sekali.
Untungnya, hal-hal yang saya sebutkan di atas mampu dijawab dengan baik dan solutif oleh hadirnya asuransi yang memilih menggunakan brand lokal “JAGADIRI” agar mudah diingat dan ingin lebih mendekatkan diri ke masyarakat. Digawangi oleh Central Asia Finance [bagian dari Salim Group yang di dalamnya terdapat beberapa perusahaan jasa keuangan lainnya, seperti Asuransi Central Asia (ACA), BESS Insurance dan Asuransi Harta untuk asuransi umum kemudian Indolife, Central Asia Raya (CAR) dan Central Asia Financial (CAF) untuk asuransi jiwa], yang telah beroperasi dengan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sejak 13 Maret 2013 dan merupakan anggota dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), asuransi ini bisa saya bilang cukup revolusioner dengan berani menghadirkan beberapa terobosan baru yang fenomenal.
Kedua, JAGADIRI menjadikan digital-marketing sebagai channel utama distribusi/pemasaran produknya. Melalui website JAGADIRI www.jagadiri.co.id, kita bisa melakukan konsultasi yang dapat dilakukan secara online (chat online), klaim secara online (online claim) dan pembelian produk secara online dengan sangat cepat, mudah dan efektif. Dengan menggunakan digital-marketing, akan lebih banyak konsumen usia muda dan usia produktif (usia 28-35 tahun sebagai target utama dan kalangan usia 36-45 tahun sebagai target market tambahan) yang bisa dijangkau dan diberikan edukasi yang baik tentang asuransi, tentunya dengan menggunakan bahasa dan istilah-istilah yang lebih mudah dipahami oleh masyarakat awam, bukan dengan jargon-jargon yang sulit dipahami. Dengan digital-marketing sebagai channel utama distribusinya, JAGADIRI tampaknya ingin semakin mengedepankan aspirasi pelanggan (customer-centric), seperti aspirasi masyarakat yang menginginkan pendekatan yang lebih mudah untuk melihat dan memilih produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Ditunjang dengan fitur-fitur online yang baik dan pilihan pembayaran yang bervariasi (bisa dengan online banking maupun kartu kredit), proses pendaftaran asuransi pun bisa dilakukan langsung sendiri oleh konsumen yang tertarik untuk membeli dengan cepat, mudah, tanpa prosedur yang rumit dan berbelit-belit sampai bikin perut sembelit. Hehehe....
Seperti pada produk manfaat perlindungan kecelakaan terbaru dari JAGADIRI, yaitu Jaga Aman Instan. Produk ini menawarkan produk yang bisa dibeli ketengan sesuai dengan kebutuhan pelanggan (mulai dari perlindungan terhadap kecelakaan selama 3 jam sampai dengan 1 tahun) dengan harga yang sangat ringan (mulai dari Rp.5.000,- untuk perlidungan selama 3 jam) dan bisa diaktifkan segera secara instan (hanya dalam hitungan menit) melalui mobile apps JAGADIRI yang bisa di download di Google Play Store. Jadi, dengan mobile apps dari JAGADIRI ini, pelanggan dapat mengakses, menghitung secara mandiri via Kalkulator Perhitungan Premi untuk mengetahui manfaat perlindungan yang sesuai dengan kebutuhan, dan memilih macam produk serta mendapatkan manfaat perlindungan dengan cepat dan mudah, tanpa perlu melewati proses pemeriksaan kesehatan, tanpa melalui jasa perantara atau agen, dan bukti polis asuransi (dalam bentuk e-policy) akan dikirimkan dalam waktu 6 menit melalui email. Aplikasi ini pun menyediakan fitur pencarian rumah sakit terdekat agar memudahkan pelanggan yang ingin mendapatkan perawatan. It’s really cool breakthrough technological advance, I think.
Perlindungan Jaga Aman Instan ini pun dapat memberikan coverage untuk kegiatan-kegiatan olahraga ekstrim (extreme sport) yang digandrungi oleh anak-anak muda dewasa ini, contohnya seperti naik gunung (hiking), menyelam (diving), longboarding, bungee jumping, dan lain sebagainya. Hal ini sangat sesuai dengan kepribadian dari brand JAGADIRI yang mengandung unsur-unsur yang bersifat muda, bersemangat (vibrant), dinamis, serta inovatif dan jenaka (witty). Terobosan ini saya harap perlahan tapi pasti bisa menghapuskan image asuransi yang prosedur pendaftarannya rumit dan sulit dimengerti (yang membuat orang akhirnya enggan berasuransi), menjadi image yang cepat, mudah dimengerti, sederhana, dan segera dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh nasabah/konsumennya.
Ketiga, JAGADIRI menggunakan fitur cashless sebagai metode pembayaran klaim. Jadi, pelanggan tidak perlu melakukan reimbursement untuk biaya rawat inap di rumah sakit dan tidak perlu membayar uang muka atau Down Payment (DP). Pelanggan cukup menggesekkan kartu Jaga Sehat Plus yang dimilikinya untuk melakukan pembayaran di berbagai Rumah Sakit rekanan. Buat apa bayar asuransi kesehatan mahal-mahal, kalau ujung-ujungnya kita nombokin dulu atau bayar dulu lalu di-reimburse. Dengan fitur cashless ini, klaim asuransi kesehatan ini jadi jauh lebih sederhana, mudah dan cepat. It’s true the power of simplicity.
Keempat, terobosan ini yang menurut saya paling amazing, JAGADIRI melalui salah satu produknya, Jaga Sehat Plus menawarkan keunggulan manfaat perawatan rumah sakit (Hospital Cash Plan). Disebutkan pada acara Media Luncheon pada 27 Januari 2015 silam oleh Mbak Priska Sari Kurniawan selaku Head of Strategic Marketing Division JAGADIRI bahwa dengan premi mulai dari Rp 60,685,- per bulan, kita bisa mendapatkan manfaat perlindungan kesehatan dan jiwa, serta pengembalian premi yang dibayarkan sebesar 50% setiap 3 tahun dari total premi yang telah dibayarkan selama periode tersebut, baik ada maupun tidak adanya klaim.
Ini benar-benar amazing, mari coba kita hitung sama-sama manfaat yang kita dapatkan jika menggunakan Jaga Sehat Plus dari JAGADIRI ini. Jika kita asumsikan kita memilih premi yang paling kecil seperti contoh di atas dan kita bulatkan menjadi 61 ribu rupiah lalu dikalikan 3 tahun (atau 36 bulan), maka total uang yang telah kita setorkan sejumlah Rp.2.196.000,-. Dengan uang tersebut, kita sudah pasti mendapatkan manfaat asuransi kesehatan dan asuransi jiwa dengan segala keunggulannya yang bejibun ditambah layanan evakuasi apabila kita mengalami kondisi kritis yang sifatnya darurat yang akan ditanggung sepenuhnya oleh penyedia jasa layanan. Layanan evakuasi ini bisa melalui transportasi darat, udara, atau laut, tergantung situasi dan kebutuhan. Bisa dibilang ini ambulans ajaib ya. Hehehe...Tidak cuma itu saja, kita juga mendapatkan pengembalian premi setiap 3 tahun sekali sebesar 50% dari total Rp.2.196.000,- yang telah kita setorkan sebelumnya (atau sekitar Rp.1.098.000,-). Yang lebih amazing lagi, pengembalian premi ini diberikan baik ada atau tidaknya klaim.Wah, benar-benar mantap ya? Jadi, benar-benar penasaran ingin berasuransi kan?
Kelima, last but not least, ini yang paling menarik dan seru, JAGADIRI tahu banget yang disukai oleh pelanggannya yang notabene anak-anak muda di usia produktif yang demen belanja dan nonton ke bioskop. Hehehe.... JAGADIRI menawarkan promo-promo, seperti kesempatan nonton gratis di Blitzmegaplex setiap sebulan sekali dan berbagai diskon merchant lainnya.
Singkat kata, saya berikan tips jitu dalam memilih asuransi yang tepat, silahkan Anda tentukan manfaat perlindungan apa saja yang Anda butuhkan, lalu cari informasinya selengkap mungkin, kemudian minta dibuatkan ilustrasi program asuransi yang kita butuhkan (yang tentunya disesuaikan dengan kemampuan membayar Anda), pelajari isi ilustrasi dengan baik, jangan buru-buru mengambil kesimpulan dan tanyakan kepada orang yang lebih tahu jika ada yang belum jelas, kemudian bandingkan dengan produk dari asuransi lain, bandingkan dari segi manfaat, premi, pengalokasian premi yang dibayarkan dan perusahaan asuransinya. Terakhir, pilih produk asuransi yang paling pas untuk anda setelah semuanya anda benar-benar pahami.
Jadi, silahkan menilai sendiri mana produk asuransi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Oh ya, apabila ingin mencari informasi lebih lengkap seputar JAGADIRI ini, mengikuti kisah JAGADIRI lebih lanjut secaraonlinemaupun tips-tips seru dalam berasuransi, Anda dapat membuka FacebookpageJAGADIRI_ID dan Twitter @JAGADIRI_ID atau dapat langsung menghubungicustomer serviceJAGADIRI yang siap melayani para pelanggan di (021) 1500 660.
Terima Kasih.