1.Proses Internal: Belajar menurut teori kognitif melibatkan proses internal seperti motivasi, kesengajaan, keyakinan, ingatan, dan retensi.
2.Pengolahan Informasi: Siswa harus mengolah informasi dan menemukan hubungan antara konsep-konsep baru dengan yang sudah ada dalam struktur kognitif mereka.
3.Pemecahan Masalah: Teori ini menekankan pentingnya pemecahan masalah dan berpikir kreatif dalam proses belajar.
4.Perkembangan Kognitif: Pembelajaran yang efektif harus disesuaikan dengan tahap perkembangan kognitif siswa, seperti dengan metode "free discovery learning" yang memungkinkan siswa menemukan konsep melalui pengalaman mereka.
5.Asimilasi Bermakna: Materi yang dipelajari harus diasimilasikan dengan pengetahuan yang sudah dimiliki siswa, sehingga proses belajar menjadi lebih bermakna.
Teori belajar kognitif memberikan fokus pada proses belajar yang lebih dalam dan internal, yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami dan menyelesaikan masalah.