Mohon tunggu...
KOMENTAR
Pendidikan

KKN BTV III : Pengembangan UMKM Jamur Tiram Dalam Menigkatkan Penjualan Melalui Strategi Pemasaran

30 Agustus 2021   21:38 Diperbarui: 30 Agustus 2021   22:04 138 1
Pandemi Covid-19 telah melanda banyak negara termasuk Indonesia. Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini berdampak pada berbagai sektor terutama pada sektor ekonomi.dampak perekonomian ini tidak hanya di rasakan secara domestik tetapi juga terjadi secara global. International Moetary Fund (IMF) yang memproyeksikan ekonomi global akan tumbuh minus di angka 3%. Di Indonesia, hal ini tentunya juga memiliki dampak yang sangat signifikan terhadap berbagai sektor pariwisata, sektor perdagangan, industri termasuk Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Desa kotakulon, Kabupaten Bondowoso merupakan salah satu desa yang sebagian masyarakatnya menjadi Pelaku UMKM. Secara langsung maupun tidak langsung, mereka yang terdampak adanya pandemi Covid-19 ini mengalami kesulitan bahan baku, kendala proses produksi dan permintaan pasar yang turun drastis dan kemudian memetakan dampak Covid-19 ini terhadap UMKM. Dari hasil observasi, rata-rata UMKM merasakan penurunan omset selama adanya Covid-19. Selain itu, dari beberapa pelaku UMKM masih menggunakan metode konvensional dalam mengembangkan usahanya, tentu hal tersebut membuat pelaku UMKM sulit mempertahankan usahanya. Kurangnya mobilitas massa di sekitar pasar tentu menghambat laju promosi yang berpengaruh kepada tingkat penjualan. Mengatasi hal tersebut, pemasaran secara online melalui media merupakan langkah tepat yang harus dilakukan oleh para pelaku usaha.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun