Dalam konteks wawancara psikologi pendidikan, siswa dengan nilai terendah dari MA Albasriyyah salah satu sekolah yang terletak di Parung Panjang, yang kita sebut sebagai Y duduk di bangku kelas 12, memberikan pandangan yang mendalam mengenai pengalamannya di sekolah. Refleksi diri adalah proses yang penting dalam pembelajaran, di mana seseorang menilai, mengidentifikasi, dan memahami perilaku atau pencapaiannya dalam suatu kegiatan. Dalam konteks pendidikan, refleksi diri memiliki peran yang sangat besar dalam meningkatkan proses belajar, terutama bagi siswa yang mengalami kesulitan, termasuk mereka yang memiliki nilai terendah. Salah satu teori psikologi perkembangan yang dapat membantu memahami tantangan belajar pada siswa adalah teori yang dikemukakan oleh Elizabeth Hurlock. Elizabeth Hurlock, seorang psikolog perkembangan, mengemukakan berbagai konsep mengenai perkembangan anak dan remaja yang relevan dalam memahami faktor-faktor yang mempengaruhi belajar, termasuk bagi siswa yang mendapatkan nilai rendah. Dalam pembahasan ini, kita akan menghubungkan refleksi diri dengan tantangan belajar pada siswa dengan nilai terendah, serta memahami bagaimana teori Hurlock dapat memberikan pandangan yang mendalam terkait hal ini.
KEMBALI KE ARTIKEL