Mohon tunggu...
KOMENTAR
Pendidikan

Media Penyuluhan Perikanan di Pelabuhan Perikanan

25 April 2013   15:17 Diperbarui: 24 Juni 2015   14:37 552 0
Media Penyuluhan
Keberhasilan proses penyuluhan perikanan sangat ditentukan oleh keberhasilan kita dalam menyampaikan pesan atau informasi kepada nelayan secara effektif. Effektif dalam artian bahwa pesan / informasi tersebut dapat diterima nelayan secara tepat baik isi pesanya maupun waktu menerima pesan tersebut.
Keberhasilan penyampaian pesan /informasi tersebut memerlukan sarana penyampai pesan yang disebut sebagai media. Dalam penyuluhan perikanan dapat menggunakan berbagai media penyuluhan sesuai dengan karakteristik sasaran nelayannya, lokasi, isi materi maupun pembiayaanya. Berbagai macam media penyuluhan tersebut antara lain Leaflet/Folder, Brosur, Kartu Kilat, Poster, Peta Singkap, Spanduk ataupun Papan InformasiĀ  (baligo).
Penggunaan berbagai media penyuluhan ini jelas akan akan membantu memperjelas jelas informasi yang disampaikan kepada para petani. Sehingga materi penyuluhan yang disampaikan akan lebih menarik, interaktif, mengurangi keterbatasan waktu dan indera manusia.
Sementara untuk kegiatan nelayan di pelabuhan perikanan seperti yang telah disebutkan diatas harus mampu memilih jenis media penyuluhan yang cocok dengan karakteristik nelayan di pelabuhan perikanan.
Pemilihan Media Penyuluhan

Berkaitan dengan itu pemilihan jenis media penyuluhan yang akan digunakan harus di lakukan secara seksama dengan mempertimbangkan, antara lain :



  1. Tujuan yang ingin dicapai. Tentukan lebih dahulu apa tujuan membuat media penyuluhan apakah sekedar untuk menambah pengetahuan nelayan atau untukmeningkatkan ketrampilan;
  2. Keadaan sasaran yang dituju. Pembuatan media penyuluhan harus memperhitungkan tingkat pendidikan nelayan, usia, tingkat adopsi termasuk pengalaman /pengetahuan yang dimiliki nelayan;
  3. Keadaan lokasi sasaran. Bagaimana lokasi sasaran pengguna media penyuluhan tersebut harus diperhitungkan, termasuk sarana yang ada menjadi perhatian pula;
  4. Kelompok sasaran. Kelompok sasaran yang hendak dituju harus dipetakan dengan jelas apakah media penyuluhan tersebut untuk dipergunakan bagi nelayan secara perorangan atau untuk masal;
  5. Mudah dibuat dan akrab. Media yang hendak dibuat harus melihat media apa yang sudah biasa dipergunakan dan dikenali dengan baik oleh nelayan di daerah tersebut;
  6. Biaya. Biaya pembuatan media penyuluhan diperhitungkan dengan memperhitungkan pendanaan yang tersedia dan effisiensi.
KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun