Media merupakan alat komunikasi yang penting digunakan dalam kehidupan sehari-hari.  Media memiliki beberapa jenis mulai dari media tradisional hingga media digital, salah satunya adalah baliho. Klasifikasi media dalam komunikasi terbagi menjadi dua, yaitu: media dingin dan media panas. Media dingin merupakan media yang menyajikan informasi kurang lengkap sehingga memungkinkan audiens untuk berpartisipasi lebih dalam memaknai pesan. Berbeda dengan media panas yang menyediakan banyak informasi dengan detail dan bersifat satu arah, sehingga hanya memerlukan sedikit keterlibatan audiens. Baliho termasuk dalam media panas karena hanya memberikan informasi sehingga bersifat satu arah dalam bentuk gambar dan tulisan. Melalui baliho, pesan yang disampaikan akan tersalurkan dengan lebih efektif, mengingat ukuran baliho biasanya besar sehingga mudah dibaca dari jauh. Media ini efektif untuk menyampaikan kesan komunikasi terutama pesan persuasif dalam bentuk iklan. Banyak dari perusahaan-perusahaan yang memasang iklannya melalui baliho, terutama ketika sedang mengadakan promo atau mengeluarkan produk baru untuk menarik calon customer. Iklan termasuk kampanye pemasaran modern  yang merupakan salah satu elemen komunikasi pemasaran dalam konsep Integrated Marketing Communication (IMC). Kampanye sendiri merupakan upaya mempengaruhi audiens untuk mencapai tujuan persuasif yang diinginkan.Â
KEMBALI KE ARTIKEL