Disruptif telah meningkatkan tantangan perilaku konsumen dan penggunaan telknologi termasuk di bidang perbankan. Perbankan bersifat sangat konservatif yang harus diregulasikan dan memerlukan stabilitas dan keamanan. Blakstad dan Allen (2018) menyebutkan keamanan dan stabilitas tidak bisa ditinggalkan dan konsumen akan memilih perbnankan yang lebih aman. Dalam bersamaan, digital baru dan kcrypti currency telah berkembang yang dimulai sejak isu non tradisional. Beriku karakteristik perbankan tradisional:
- Model full servis, termasuk retail, komersial, pasar, manajemen kesejahteraan dan pelayanan asuransi;
- Pelayanan seperti operasi perbankan, teknologi, keuangan, sumber daya manusia, manajemen risiko, dll. Yang diatur oleh bank;
- Pusat data yang konsumen dan data diatur oleh bank;
- Pengembangan diri aplikasi;
- Pusat kontgrak;
- ATM, karti, dan pembayaran mobile;
- Geografik;
- Hirarki pada styruktur bisnis;
- Pengawasan kinerja;
- Request driven, model pelayanan produk.
KEMBALI KE ARTIKEL