Cara ataupun jalan untuk menuju kematian setiap manusia di bumi ini, tentu berbeda-beda. Kita sering bahkan teramat sering mendengar tentang cara matinya seseorang, dari yang dianggap aneh, jarang ditemui, mengerikan, tragis, menyakitkan, dan kematian yang sia-sia serta lainya sebagainya.
Kita ketahui, saat ini angka kecelakaan akibat berlalu-lintas semakin tahun semakin memperihatinkan. Dan juga bagi kita yang sehari-harinya menggunakan moda transportasi darat, dapat melihat bagaimana cara mereka berkendaraan saat ini, satu kata "mengerikan".
Entah tidak mengetahui aturan berlalu-lintas, atau memang tidak peduli, atau juga menganggap remeh, para pengendara kendaraan baik roda empat dan juga roda dua, termasuk kendaraan-kendaraan berat, tidak akan mematuhi aturan lalu lintas, kecuali ada petugas kepolisian yang berjaga.
Negara kita termasuk peringkat 5 dunia dalam angka kematian akibat kecelakaan lalu lintas. Setidaknya dalam hitungan jam terdapat 12 kasus kecelakaan lalu lintas yang merenggut nyawa sebanyak 3 orang, sementara setiap harinya, 69 nyawa melayang akibat kecelakaan di jalan raya.
Sementara dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan, kecelakaan lalu lintas menjadi pembunuh terbesar ketiga di Indonesia, mengikuti setelah penyakit jantung koroner dan tuberkulosis (TBC).
Meningkatnya jumlah kendaraan bermotor setiap tahunnya dan kelalaian manusia, menjadi faktor utama terjadinya peningkatan kecelakaan lalu lintas.
Data pada Kepolisian menyebutkan, pada tahun 2012 telah terjadi 109.038 kasus kecelakaan dengan korban meninggal dunia sebanyak 27.441 orang, dengan potensi kerugian sosial ekonomi sekitar Rp 203 triliun - Rp 217 triliun per tahun. Sedang tahun 2011, terjadi sebanyak 109.776 kecelakaan, dengan korban meninggal sebanyak 31.185 orang.
Data kasus lakalantas yang tercatat dalam Operasi Ketupat selama periode 22 Juli 2014 hingga 6 Agustus 2014 sebanyak 3.057 kasus.
Jumlah kecelakaan lalu lintas dalam arus mudik dan arus balik Lebaran 2014 lalu turun sebanyak 618 kasus atau sekitar 17 persen, bila dibandingkan dengan tahun 2013 lalu yang mencapai 3.675 kasus.
Meski dalam beberapa laporan menyebut bahwa angka kejadian kecelakaan ditemukan menurun dari tahun ke tahun, namun persentase angka sebab kematian dari kasus kecelakaan tetap meningkat.
Angka dan kasus tersebut diatas tentu merupakan analogi fenomena gunung es yang muncul di permukaan.
Tentu kematian akibat kecelakaan lalu lintas merupakan kematian yang tidak kita inginkan,tidak ada yang mau memilih seperti itu, bahkan untuk seorang pembalap Formula 1 dan atau MotoGP pun, bila ditanya ingin mati dengan cara apa, maka mustahil menjawab ingin mati kecelakaan.
Mereka yang berkendara kendaraan tidak pernah mau memahami betapa penting nyawa, dibanding dengan apa yang mereka kejar.
Bahkan saat ini, berkendara kendaraan di kota-kota besar, sudah seperti berkendara dalam kondisi medan perang. Terkadang, kita sudah mengalah bahkan mengikuti rambu lalu lintas, justru kita yang disalahkan.
Nah, perilaku dan cara berlalu lintas kita sehari-hari, menentukan cara kematian kita. Karena menurut data dan banyak penelitian mengenai kecelakaan di tanah air, nyaris semua analisa, mengatakan bahwa, perilaku dan tata cara para pengendara kendaraan lah, yang menjadi penyebab nomor satu malaikat mencabut nyawa mereka di jalan.
Sekarang, pilihan ada di kita sendiri, ingin mati di jalan dengan cara tragis dan ironis, ataukah ingin memilih kematian dengan cara yang menyejukkan dan tenang.