Total Quality Management (TQM) adalah suatu pendekatan dalam menjalankan usaha yang mencoba untuk memaksimumkan daya saing organisasi melalui perbaikan terus-menerus atas produk, jasa, manusia, proses dan lingkungannya. Namun masih banyak lembaga pendidikan yang belum menerapkannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi peningkatan mutu SMK PGRI 2 Cibinong Kabupaten Bogor. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Â Dengan subjek penelitian Kepala Sekolah, guru, siswa, dan komite. Sumber penelitian adalah dokumen laporan sekolah, dan juga hasil wawancara. Data dianalisis menggunakan Diagram Ishikawa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMK PGRI 2 Cibinong Kabupaten Bogor dapat meningkatkan mutu lulusan dengan pola mengoptimalkan sumber daya internal sebagai titik tolak pemanfaatan dukungan eksternal. Berdasarkan temuan penelitian direkomendasikan agar Kepala Sekolah menyusun dokumen tahunan secara efektif sesuai rencana strategis dan melakukan evaluasi capaian program untuk menetapkan tindak lanjut pencapaian visi misi sekolah.
KEMBALI KE ARTIKEL