Mohon tunggu...
KOMENTAR
Sosbud

Seni Melihat Jauh ke Depan

8 Agustus 2024   19:31 Diperbarui: 8 Agustus 2024   19:33 63 7
Gelombang digital telah membawa kita ke dunia lain dan kehidupan lain.

Lihat saja sekeliling. Dunia baru bergerak dengan gelisah. Saat ini sudah menjadi hal yang lumrah bagi kita untuk memiliki akses instan terhadap informasi, barang dan jasa hanya dengan mengklik mouse. Kita dapat berkomunikasi dengan siapa pun atau apa pun, kapan pun, di mana pun, siang atau malam.

Informasi disebarkan dengan sangat cepat sehingga sebuah gambar bisa menjadi viral dalam hitungan detik. Kirim pesan di media sosial dan segera Anda mendapat komentar dari orang-orang, beberapa di antaranya sangat konyol sehingga jelas mereka tidak pernah berpikir dulu sebelum mengetik.

Anak-anak kita adalah generasi Instant Messenger yang memiliki akses virtual ke teman, permainan, musik, film, belanja dan puluhan ribu situs online.

Begitu banyak yang bisa diakses, begitu sedikit waktu. Menunggu sekarang dengan cepat menjadi masa lalu. Kita sedang bertransformasi menjadi masyarakat yang semakin mengharapkan, menginginkan dan menuntut kepuasan instan. Teman teknisi saya memberi tahu saya bahwa 5G, Internet generasi kelima, akan menjadi 100 kali lebih cepat dan akan mengubah kehidupan profesional dan pribadi kita dengan memungkinkan kasus penggunaan baru seperti  Augmented Reality serta peningkatan video dan game.

Anak-anak kita secara visual dibombardir dengan gambar, teks dan suara secara bersamaan, lebih cepat daripada kemampuan mereka menyerapnya. Mereka mendapatkan pengalaman menarik yang dapat menyampaikan lebih banyak informasi dalam beberapa detik dibandingkan yang dapat dikomunikasikan dengan membaca keseluruhan buku. Inilah salah satu alasan mengapa semakin sulit membuat anak-anak membaca saat ini. Membaca adalah media kepuasan tertunda, sedangkan TV, video game dan Internet adalah media kepuasan langsung.

Tidak ada lagi yang suka membaca teks panjang. Bahkan di Facebook, artikel seperti ini jarang mendapat tanda "suka".

Bahkan novelis yang banyak menulis kata-kata dalam kalimat panjang, tampaknya mengalami masalah ini. Dalam sebuah wawancara novelis Martin Amis mengatakan: "Novel ini harus dipercepat---sebagai jawaban terhadap kenyataan yang semakin cepat. Humboldt's Gift karya Saul Bellow---panjang, statis, dan menyimpang---menjadi best seller selama beberapa bulan pada tahun 1970-an. Pembaca itu sekarang sudah menghilang."

Mungkin saya telah berubah menjadi sebuah anomali atau anakronisme atau setidaknya menjadi pembangkang dalam dunia realitas yang semakin cepat. Saya menemukan diri saya menulis kalimat panjang, kalimat kompleks, kalimat majemuk.  

Saya sekarang membaca buku yang "panjang dan statis". Saya tidak ingin terburu-buru membaca buku. Saya menikmati kata-kata dan kalimatnya, menemukan nuansa bunyi dan maknanya.

Preferensi saya terhadap film adalah film yang berfokus pada pengembangan karakter, seperti film Yasujiro Ozu atau Ingmar Bergman. Dalam film mereka, karakter memasuki bingkai dan bergerak ke sana kemari dan keluar dari bingkai dan kemudian kamera tetap berada di adegan kosong selama beberapa detik.

Hal ini sangat bertolak belakang dengan apa yang disukai oleh anak-anak saya yaitu film thriller aksi bertempo cepat di mana setiap sekuensnya merupakan set piece aksi slam-bang yang penuh aksi dengan efek khusus yang spektakuler dan soundtrack yang mencekam.

Sementara saya menyukai film dokumenter yang membiarkan visual menceritakan kisah suatu tempat dengan narasi bersuara minimal.

Gambar-gambar dalam film tersebut hampir seperti foto atau slide atau lukisan yang harus dilihat dalam waktu lama dan membiarkannya datang kepada Saya, menyapu Saya, masuk dan menembus Saya. Pernahkah Anda bertemu seseorang yang memberi Anda tatapan tajam dan tidak menyenangkan, seolah-olah dia bisa melihat menembus Anda?

Itulah seni melihat jauh ke depan.

Seni ini dicapai melalui penanaman latihan atau disiplin fokus. Hal ini memerlukan waktu dan perhatian jangka panjang. Artinya, Anda harus secara sadar memperhatikan apa yang terjadi pada lukisan atau layar agar Anda tidak melewatkan petunjuk. Saat membaca buku, Anda tidak memindai halamannya. Anda mencatat kata-kata di setiap halaman, melihat konteksnya dan makna di baliknya. Seperti seorang ahli makanan atau anggur, saya harus dapat memahami dan menikmati seluruh rasa dari kata-kata dan frasa di langit-langit mulut saya. Saya tidak keberatan kembali ke halaman awal untuk mencari bagian yang dapat menjelaskan lebih banyak tentang karakter atau kejadian di halaman selanjutnya.

Kritikus seni Roger Housden adalah seorang praktisi seni yang melihat kontemplatif ini. Dia tidak hanya melihat lukisan, dia menikmatinya sebagai refleksi atas apa yang dia rasakan di dalamnya dan membawa apresiasinya ke tingkat yang lebih tinggi. Misalnya, dia bisa melihat cahaya yang merembes keluar dari kegelapan di banyak lukisan Rembrandt. Ia mengagumi keindahan tak tertandingi yang diungkap sang seniman dalam tubuh manusia, baik subjeknya adalah anak kecil maupun orang tua. Ia mencoba membayangkan bagaimana Rembrandt, sebagai seorang kolektor barang antik dan eksotika, melimpahkan perhatian, bahkan mungkin kekaguman, pada benda-benda tersebut yang kemudian menginspirasi lukisan. Dia menghormati kepenuhan jiwa seniman, penghormatannya terhadap dunia roh dan kualitas luar biasa dari orang-orang biasa. Dan dia memuji seni religius Rembrandt yang luar biasa, terutama lukisan-lukisan Alkitab yang dirancang untuk "menginspirasi suasana refleksi interior daripada menceritakan sebuah kisah."

Housden menjelaskan: "Terlalu mudah untuk memperlakukan lukisan seperti ilustrasi atau potongan prosa yang hanya dimaksudkan untuk menyampaikan pesan. Lukisan bukanlah karya prosa. Lukisan adalah puisi yang diubah keatas kanvas. Lukisan berbicara melalui metafora dan kita perlu waktu untuk membiarkan metafora tersebut lolos dari prasangka kita dan mencapai kita di bawah tingkat kata dan makna."

Baginya, ada lebih dari yang terlihat: "Eksplorasi yang bervariasi dan tajam dari diri sang seniman adalah pintu gerbang yang melaluinya kita dapat masuk dan melihat kembali kegembiraan dan kesedihan, keberhasilan dan kekalahan, keyakinan dan kebodohan dan kemudian tiba-tiba menemukan diri Anda terlempar ke dunia yang penuh dengan kekaguman, ketakutan, keheranan, keajaiban, kesedihan yang mendalam dan kegembiraan." Dia ingin kita menghargai karya-karya ini sebagai ciptaan abadi yang merangkul materi dan "mencapai wilayah yang berada di luar pengalaman sadar kita."

Saya mungkin tidak membahas secara mendalam seperti Housden dalam melihat secara kontemplatif, namun saya setuju bahwa pengamatan yang lama atau pengamatan yang berulang-ulang dapat menyingkapkan banyak hal seperti gambaran kecil dari potongan kehidupan di mana Tuhan ada dalam detailnya. Misalnya, saat saya menonton film dokumenter tentang burung, saya merasakan perasaan kagum dan takjub akan ciptaan ilahi ketika kamera terus menatap kaleidoskop bulu, bentuk dan ukuran serta keragaman sonik nyanyian dan kicau.

Namun sayangnya, detail seperti itu terlewatkan oleh dunia yang bergerak dengan kecepatan sentuhan dan klik, di mana orang-orang hanya melatih mata mereka untuk menjelajahi permukaan realitas saja. Saat adrenalin kita terpacu untuk mengerjakan tugas atau janji berikutnya, kita tidak lagi mampu untuk berhenti sejenak dan menunda-nunda dunia.

Bagi saya, membiarkan apa yang disebut "realitas yang dipercepat" berlalu begitu saja itu lebih baik karena hidup saya sudah berada pada putaran terakhir. Sebut saja saya slow poke. Tapi biarkan saya mencurahkan sisa waktu saya pada seni tenang dalam memandang lama.

Atau jika Anda bersedia untuk bergabung dengan saya dalam mempraktikkan seni melihat kontemplatif dan melihat jauh. Hanya saja, jangan lakukan itu pada orang atau dia mungkin akan panik.

Apa yang Anda lihat atau baca hari ini? Perhatikan baik-baik gambar atau kalimatnya. Bagaimana hal itu menyentuh indra Anda. Emosi apa yang ditimbulkannya? Rasakan makna yang muncul di benak Anda saat Anda menonton atau membaca. Tidak ada cara yang benar atau salah untuk melakukannya. Ini hanyalah tentang merasakan, memperhatikan dan hadir pada saat itu serta menjaga pikiran Anda tetap terbuka terhadap pencerahan, tidak peduli seberapa kecilnya.

Ketika mata dan pikiran berada di tempat yang sama, kehidupan menjadi lebih jelas dari waktu ke waktu.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun