Elaboration Likelihood Model atau biasa dikenal dengan nama teori ELM. Menurut Littlejohn dan Foss (2012:108), teori ELM merupakan teori persuasi yang memiliki tujuan untuk memprediksi waktu serta proses individu terpersuasi atau tidak oleh suatu pesan. Ketika mempersuasi seseorang, akan menghasilkan perubahan sikap dari individu yang dipersuasi atau dibujuk. Dalam ELM, perubahan sikap dibagi menjadi dua jalur yaitu jalur sentral dan jalur periferal. Jalur sentral lebih berfokus terhadap isi pesan, mengutamakan ide dan informasi yang terkandung di dalamnya, dan mendalami bukti dan alasan yang disajikan. Sedangkan Jalur periferal adalah metode persuasi yang melibatkan pemrosesan informasi yang lebih dangkal. Dalam konteks ini, audiens tidak secara teliti menilai pesan, tetapi dipengaruhi oleh elemen-elemen periferal seperti sumber pesan, daya tarik pesan, atau kesesuaian pesan dengan keyakinan audiens.
KEMBALI KE ARTIKEL