Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ilmu Sosbud

Gamelan! Inovasi Mahasiswa UB sebagai Game Learning untuk Edukasi Literasi di Kalangan Generasi Z

9 Juni 2024   19:55 Diperbarui: 9 Juni 2024   21:22 78 2
Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dari Universitas Brawijaya berhasil menciptakan sebuah produk inovasi sebagai game learning untuk edukasi literasi di kalangan generasi Z yang diberi nama “GAMELAN: Game Kartu Melawan Kebohongan”. Ide awal dari permainan ini bermula dari skor kemampuan membaca Indonesia pada Programme for International Student Assessment (PISA) 2018 yang dikeluarkan oleh The Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) mengalami penurunan. Melalui survei yang telah dilakukan oleh Masyarakat Telematika (Mastel) Indonesia tahun 2017, sebanyak 44,30% responden menerima berita hoaks setiap hari, bahkan lebih dari 1 kali tiap harinya. Media yang paling banyak digunakan untuk menyebarkan hoaks adalah media sosial dengan jumlah responden sebesar 92,40% dan kebanyakan dari pengguna media sosial adalah kalangan pelajar. Hal tersebut berimbas pada tingkat pendidikan Indonesia yang mengalami kemunduran.  

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun