Apakah kita ingat ulang tahun kita pada saat umur 3 tahun? Atau apa saja yang sudah kita lakukan di usia itu? Jawabannya adalah tidak. Hal ini disebut sebagai Infantile Amnesia (Amnesia kanak-kanak). Sebuah studi yang dilakukan oleh Lie dan Newcombe (1999) dalam Santrock (2007: 288) menunjukan bahwa setelah sekitar 3 tahun meninggalkan TK, anak-anak tidak dapat meningkat banyak teman-teman TK mereka, padahal dalam kasus ini, gurunya masih hafal murid-murid mereka. Hal ini terjadi karena Lobus Frontal (yang diyakini memiliki peran penting dalam mengingat) belum berkembang sempurna pada masa bayi dan kanak-kanak awal (Boyer dan Diamond, 1992 dalam Santrock, 2007: 288). Namun pada dasarnya anak-anak usia prasekolah mengerti sifat-sifat simbol-simbol dari televisi dan dapat meniru segera perilaku yang mereka lihat (Bandura, Ross & Ross, 1963; Kirkorian, Wartella, & Anderson, 2008 dalam Papalia & Feldman, 2015: 263). Sehingga untuk membantu dan mengoptimalkan kognitif dan perilakunya pada jalur yang positif, perlu adanya kontrol yang dilakukan baik di sekolah, lingkungan maupun di rumah. Lantas bagaimana jika kita melihat pada pandangan Vygotsky tentang perkembangan kognitif pada masa kanak-kanak.
KEMBALI KE ARTIKEL