Pendidikan yang bermutu berorientasi pada pengembangan ilmu pengetahuan dengan tetap menanamkan inti sar religi sebagai bahan refleksi diri siswa perihal esensi manusia sebagai makhluk Tuhan. Pemahaman nilai religi dalam lingkungsn pendidikan, akan memberikan kesadaran bagi partisipan khususnya siswa bahwa semua ilmu pengetahuan terbentuk berdasarkan campur tangan Tuhan Yang Maha Esa, dan manusia dianugerahi akal untuk mendalami pengetahuan tersebut dengan mempelajari alam raya ciptaan-Nya. "Pemahaman yang demikian perlu dimiliki oleh siswa supaya mereka cerdas baik dari segi intelektual maupun spiritual. " Ungkap Mohammad Hilfi selaku inisiator dari ide karya ini.
" Pembelajaran yang berorientasi pada integrasi sains-religi, sangat tepat apabila dilakukan di sekolah-sekolah yang berbasis Islam (Madrasah Ibtidaiyah hingga Madrasah Aliyah)". Lanjut Maya. Lebih lanjut, Dinda mengatakan bahwa pembelajaran penerapan literasi sains Qur'ani di madrasah selama ini masih kurang. Memang, sejauh ini tidak ada perbedaan antara pembelajaran sains di madrasah denga sekolah umum. Sekolah madrasah belum teridentifikasi menerapkan pembelajaran sains yang terpadu dengan nilai religius.