Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ruang Kelas

Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas Berbasis Lesson Study (PTK-LS)

8 November 2024   19:16 Diperbarui: 8 November 2024   21:05 9 0
Proses pembelajaran yang berkualitas menjadi komponen penting untuk mendukung pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas adalah dengan melakukan Penitian Tindakan Kelas Berbasis Lesson Study (PTK-LS). PTK-LS dilakukan di kelas X-I SMA Negeri 1 Turen yang didasarkan pada hasil observasi yang menunjukkan bahwa keterampilan kolaborasi dan hasil belajar kognitif siswa masih rendah. PTK ini mengikuti model Kemmis, McTaggart, & Nixon (2014) yang dilaksanakan minimal dua siklus menggunakan model spiral. Pelaksanaan PTK ini menerapkan pendekatan Learning Ownership terintegrasi Project Based Learning (PjBL) yang dipadukan dengan proses pembuatan mind mapping berbantuan media gambar.  Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan hasil belajar kognitif siswa melalui penerapan mind mapping berbantuan media gambar menggunakan pendekatan Learning Ownership terintegrasi Project Based Learning (PjBL).

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun