Proses pembelajaran yang berkualitas menjadi komponen penting untuk mendukung pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas adalah dengan melakukan Penitian Tindakan Kelas Berbasis
Lesson Study (PTK-LS). PTK-LS dilakukan di kelas X-I SMA Negeri 1 Turen yang didasarkan pada hasil observasi yang menunjukkan bahwa keterampilan kolaborasi dan hasil belajar kognitif siswa masih rendah. PTK ini mengikuti model Kemmis, McTaggart, & Nixon (2014) yang dilaksanakan minimal dua siklus menggunakan model spiral. Pelaksanaan PTK ini menerapkan pendekatan
Learning Ownership terintegrasi
Project Based Learning (PjBL) yang dipadukan dengan proses pembuatan
mind mapping berbantuan media gambar. Â P
enelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan hasil belajar kognitif siswa melalui penerapan mind mapping berbantuan media gambar menggunakan pendekatan Learning Ownership terintegrasi Project Based Learning (PjBL).
KEMBALI KE ARTIKEL