Deep Learning masih menjadi perbincangan khususnya di kalangan pendidik saat ini. Ada yang terus berupaya memahami dan menerapkannya dan ada juga yang menganggap ini pendekatan yang tak berdasar. Saya lebih pada posisi belajar memahami dan berupaya menerapkannya. Salah satu bagian dari
deep learning adalah
joyfull learning.
Joyfull learning penting karena kemampuannya menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan bermakna. Namun, ada tantangan yang perlu diatasi oleh para pendidik, yaitu bagaimana memastikan bahwa kegiatan yang menyenangkan tetap relevan dengan tujuan pembelajaran. Banyak guru terkadang terjebak pada permainan yang menarik, tetapi tidak memiliki hubungan yang erat dengan materi atau kompetensi yang ingin dicapai. Akibatnya, waktu pembelajaran habis tanpa hasil yang signifikan bagi perkembangan siswa. Siswa berkamuflase dalam kebahagiaan semut, tetapi kebahagiaan itu berubah ketika membahas materi pembelajaran.
KEMBALI KE ARTIKEL