Program asistensi mengajar yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Malang di SMPN 19 Malang memberikan pengalaman yang luar biasa bagi kami. Saat pertama kali memulai program ini, kami merasa cemas dan penuh dengan ketidakpastian. Namun, perasaan tersebut segera berubah menjadi antusiasme dan rasa percaya diri seiring berjalannya waktu. Hal tersebut dikarenakan antusiasme siswa-siswi SMPN 19 Malang yang selalu semangat ketika pembelajaran berlangsung sehingga membuat kami lebih percaya diri dalam mengajar baik dari segi akademis maupun non akademis. Selama menjalani program asistensi mengajar di SMPN 19 Malang, salah satu hal yang paling membangkitkan semangat dan motivasi kami adalah antusiasme siswa dalam mengikuti pelajaran. Setiap kali kami memasuki kelas dengan materi baru atau aktivitas menarik, kami bisa melihat semangat mereka yang terpancar melalui tatapan penuh perhatian dan pertanyaan-pertanyaan yang muncul. Antusiasme ini sangat membantu dalam menciptakan suasana belajar yang interaktif dan dinamis. Melalui berbagai metode pengajaran yang kami coba, seperti diskusi kelompok, permainan edukatif, dan proyek kreatif, kami dapat merasakan bagaimana keterlibatan aktif siswa meningkat dan bagaimana mereka menjadi lebih termotivasi untuk belajar. Selain itu, antusiasme siswa juga tercermin dalam keinginan mereka untuk selalu belajar lebih banyak. Mereka sering mendekati kami di luar jam pelajaran untuk menanyakan hal-hal yang belum mereka mengerti atau untuk berdiskusi tentang topik-topik yang menarik minat mereka. Interaksi ini menunjukkan betapa besar rasa ingin tahu mereka dan bagaimana mereka menghargai setiap kesempatan untuk belajar. Sikap antusias siswa ini tidak hanya membuat tugas mengajar menjadi lebih menyenangkan, tetapi juga memberikan energi positif yang mendorong kami untuk terus mengembangkan metode pengajaran yang lebih kreatif dan efektif. Pengalaman ini telah memperkuat keyakinan kami bahwa dengan pendekatan yang tepat, setiap siswa memiliki potensi untuk menunjukkan antusiasme dan keberhasilan dalam belajar.
KEMBALI KE ARTIKEL